Penalti Meleset Cristiano Ronaldo Jadi Trending, Itu Kegagalan Ke-29 Sepanjang Karier CR7
Cristiano Ronaldo, kegagalan penaltinya menjadi pemicu kekalahan Manchester United dari Minddlesbrough di Piala FA. (Foto: raisport.rai.it)

Bagikan:

JAKARTA - Kegagalan penalti Cristiano Ronaldo dalam laga putaran keempat Piala FA antara tuan rumah Manchester United lawan Middlesbrough di Stadion Old Trafford pada Jumat malam 4 Februari 2022 atau Sabtu dini hari WIB, menjadi pergunjingan pencandu sepak bola di seluruh dunia. Sebanyak 191 ribu cuitan twitter membuat nama penyerang top asal Portugal itu menjadi tren di Indonesia.

Ronaldo gagal mengeksekusi penalti ke gawang Middlesbrough yang dijaga Joe Lumley pada menit ke-19. Kegagalan penalti itu berimbas pada United, yang akhirnya tereliminasi dari Piala FA. Tim berjulukan Setan Merah itu tersingkir karena kalah dalam adu penalti dengan skor total 7-8. Adu penalti menjadi penentuan, setelah skor hingga laga berakhir adalah 1-1.

Manajer Ralf Ragnick menghibur pemain Manchester United setelah kalah dari Middlesbrough dan tersingkir dari Piala FA 2022. (Foto: twitter@ManUtd)

United unggul lebih dahulu melalui gelandang serang muda timnas Inggris, Jadon Sancho pada menit ke-25. The Boro membalas pada menit ke-64 lewat gol gelandang bertahan, Matt Crooks.

“Saya sangat kecewa karena kami seharusnya menang dan mampu mengunci pertandingan di babak pertama. Seharusnya di babak pertama kami sudah menang 3-0,” kata manajer United asal Jerman, Ralf Ragnick seperti dikutip ESPN.

Peluang United memang banyak, maklum karena mereka melawan tim yang berasal dari kasta lebih rendah dalam Liga Inggris. Namun punggawa The Red Devils tak mampu menuntaskan banyak peluang yang dimiliki termasuk kegagalan penalti Ronaldo, yang ditransfer dari Juventus sebesar 15 juta Euro atau sekitar Rp247 miliar.

Perbandingan Ronaldo-Messi

Tendangan 12 pas yang  melenceng Ronaldo pada Jumat malam tersebut menandai kegagalan penalti pertama CR7 pada 2022. Penggemar Ronaldo kaget, karena pemain bintang itu dikenal jago dalam menendang penalti. Saking dianggap dia jagoan mengeksekusi penalti, Ronaldo juga diberi julukan Penaldo.

Data statistik sepanjang 10 tahun terakhir menunjukkan, Ronaldo gagal mengeksekusi penalti sebanyak 25 kali dari total 126 kesempatan. Jika dibandingkan dengan bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi, keduanya seimbang.

Lionel Messi, bintang Argentina yang juga beberapa kali gagal mengeksekusi penalti. (Foto: Marca.com)

Menurut situs messivsronaldo.app, sepanjang karier mereka Messi mengeksekusi 131 penalti sementara Ronaldo 172. Dari total tendangan tersebut, Messi sukses sebanyak 102 kali atau sedangkan Ronaldo 143. Ronaldo dan Messi sama-sama gagal mengeksekusi penalti sebanyak 29 kali.

Menurut mantan kapten United, Roy Keane, Ronaldo seharusnya tidak boleh gagal dalam tugasnya mengeksekusi penalti saat melawan The Boro. Nama besar yang disandang CR7 adalah pertaruhan besar yang harus dia jaga. Kegagalan itu berpengaruh terhadap kepercayaan diri seluruh pemain dalam pertandingan tersebut.

“Hal paling mengejutkan dalam pertandingan melawan Boro tentu saja kegagalan Ronaldo mengeksekusi penalti. Dia harus dikritik, karena seharusnya dia mampu membidik target,” kata Keane, seperti dikutip Manchester Evening News.

Tidak ada komentar dari Cristiano Ronaldo soal kegagalan penaltinya. Mungkin memang saat itu bukan hari keberuntungan Penaldo, eh Ronaldo.