WADA Resmi Cabut Sanksi untuk Indonesia, Bandera Merah Putih Boleh Berkibar Lagi
Tim Piala Thomas 2021 (INSTAGRAM @badminton.ina)

Bagikan:

JAKARTA – Badan Anti Doping Dunia (WADA) resmi mencabut sanksi untuk Indonesia. Ini artinya bendera Merah Putih bisa kembali berkibar kembali di ajang-ajang penting olahraga internasional.

Pencabutan sanksi WADA untuk Indonesia disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari yang juga menjabat Ketua Satuan Gugus Tugas Percepatan Sanksi WADA, dalam jumpa pers virtual pada Jumat, 4 Februari. 

”Ancaman sanksi yang semula satu tahun berkurang drastis jadi tiga bulan setengah. Dengan demikian, bendera Merah Putih sudah bisa berkibar di ajang-ajang internasional,” kata Oktohari.

Pencabutan sanksi untuk Indonesia ini berdasarkan rekomendasi dari Compliance Unit WADA dalam pertemuan komite eksekutif pada Rabu, 2 Februari waktu lokal di Montreal atau Kamis, 3 Februari dini hari waktu Indonesia.

Di pertemuan itu Lembaga Anti Doping Indonesia dinilai sudah patuh dengan aturan-aturan yang berlaku di WADA.

”Kita semua tentu berharap sanksi serupa tidak terulang lagi dan kejadian tersebut mendorong kita lebih hati-hati,” kata Oktohari.

Indonesia dijatuhi sanksi karena dianggap tidak memenuhi standar WADA. Dalam pernyataan tanggal 7 Oktober lalu, mereka menyatakan bahwa LADI selaku pelaksana program gagal memenuhi target jumlah tes doping tahunan. 

Dalam surat itu termuat item-item penting, salah satunya melarang Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di acara-acara penting olahraga. 

Selain itu, sanksi ini juga melarang Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat regional, kontinental, dan internasional.

Akibat sanksi ini, tim Indonesia tidak diizinkan mengibarkan bendera Merah Putih dalam prosesi penyerahan piala Thomas Cup tahun lalu. Padahal, itu menjadi momen penting karena Indonesia mengakhiri paceklik gelar selama 19 tahun terakhir di ajang beregu paling bergengsi tersebut.

Selain itu, pengalaman pahit juga dirasakan lifter Rahmat Erwin Abdullah pada Kejuaraan Angkat Besi Senior 11 Desember 2021 di Uzbekistan. Ketika itu Rahmat yang meraih medali emas tidak bisa melihat bendera Merah Putih berkibar saat ia naik podium.

Dengan pencabutan ini maka Indonesia bebas dari larangan mengibarkan bendera Merah Putih di ajang penting dan bisa menjadi tuan rumah untuk kejuaraan semua olahraga.