WADA Cabut Sanksi Indonesia 3 Februari, Merah Putih Siap Berkibar Lagi
Tim bulu tangkis yang menjadi juara Piala Thomas pada 2021 lalu (INSTAGRAM @badminton.ina)

Bagikan:

JAKARTA — Sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) untuk Indonesia akan dicabut besok Kamis, 3 Februari. Ini artinya bendera Merah Putih sudah bisa berkibar lagi di ajang-ajang penting.

Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari dalam rilis resmi pada Rabu, 2 Februari.

”Insya Allah pada 2 Februari waktu Montreal, Kanada atau 3 Februari WIB kita akan menerima kabar baik. Kabar yang ditunggu-tunggu seluruh masyarakat Indonesia,” kata Oktohari yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA. 

Terkait rencana pencabutan sanksi Indonesia sudah disampaikan WADA dalam surat mereka kepada Komite Olimpiade Indonesia pada Jumat, 14 Januari lalu.

Jika pencabutan benar dilakukan pada Kamis besok, maka itu lebih cepat dari durasi satu tahun sejak dijatuhkan pada 7 Oktober tahun lalu.

”Sanksi yang semula satu tahun, bisa selesai dalam waktu empat bulan. Ini upaya bersama,” ujar Oktohari.

Indonesia dijatuhi sanksi karena dianggap tidak memenuhi standar WADA. Dalam pernyataan tanggal 7 Oktober lalu, mereka menyatakan bahwa Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) selaku pelaksana program gagal memenuhi target jumlah tes doping tahunan. 

Dalam surat itu termuat item-item penting, salah satunya melarang Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di acara-acara olahraga. 

Selain itu, sanksi ini juga melarang Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat regional, kontinental, dan internasional.

Akibat sanksi ini, tim Indonesia tidak diizinkan mengibarkan bendera Merah Putih dalam prosesi penyerahan piala Thomas Cup tahun lalu. Padahal, itu menjadi momen penting karena Indonesia mengakhiri paceklik gelar selama 19 tahun terakhir di ajang beregu paling bergengsi tersebut.