Benda Bersejarah Abad Ke-17 Ditemukan di Bawah Trotoar Jalan TB Simatupang
Proses pemindahan penggilingan tebu dari abad ke-17 (Foto:

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur memindahkan temuan benda bersejarah jenis Batu Penggilingan. Paling mengejutkan, benda saksi sejarah itu berada di bawah trotoar Jalan TB Simatupang, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Pada proses pemindahan, petugas mengerahkan satu unit mobil crane dan satu unit mobil rescue. Pemindahan dilakukan secara perlahan oleh sembilan petugas Gulkarmat.

"Konon dulu, benda ini dipergunakan untuk penggilingan tebu," ujar Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Timur Gatot Sulaeman kepada wartawan, Kamis 28 Oktober.

Pemindahan ini dikatakannya atas permintaan Pusat Konservasi Cagar Budaya Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Setelah berhasil diangkat dari trotoar, batu dengan berat 360 kilogram itu kemudian dipindahkan ke Cagar Budaya Betawi Condet.

"Terpendam separuh di dalam tanah. Ada warga yang mengetahui dari tokoh masyarakat bahwa itu batu cagar budaya," ujar Gatot.

Batu Penggilingan yang terletak di RW 01 Kelurahan Gedong itu merupakan benda bersejarah dari abad ke-17. Batu penggiling tebu ini merupakan salah satu benda peninggalan bersejarah dari Tandjoeng Oost yang diperkirakan berasal dari Abad ke-17.