Kastil Kuno Peninggalan Romawi dan Bizantium Hancur Akibat Gempa M 7,8 Guncang Turki
Ilustrasi Kastil Gaziantep Turki sebelum hancur akibat gempa. (Wikimedia Commons/Mxcil)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan M 7,8 yang mengguncang Turki dan Suriah pada Hari Senin, merusak Kastil Gaziantep, sebuah situs bersejarah dan objek wisata di tenggara Turki.

"Beberapa benteng di bagian timur, selatan dan tenggara Kastil Gaziantep yang bersejarah di Distrik Şahinbey tengah hancur akibat gempa, puing-puingnya berserakan di jalan," lapor kantor berita pemerintah Turki, Anadolu, seperti mengutip CNN 6 Februari.

"Pagar besi di sekitar kastil berserakan di trotoar sekitarnya. Tembok penahan di sebelah kastil juga runtuh. Di beberapa benteng, terlihat retakan besar," lanjut laporan itu.

Kubah dan dinding timur Masjid Şirvani yang bersejarah, yang terletak di sebelah kastil dan konon dibangun pada abad ke-17, juga sebagian runtuh, tambahnya laporan itu.

Menurut penggalian arkeologi, kastil ini pertama kali dibangun sebagai menara pengawas pada periode Romawi sekitar abad kedua dan ketiga Masehi. Kastil itu terus berkembang seiring waktu.

Bentuknya saat ini merupakan peninggalan Pemerintahan Kaisar Bizantium Justinian (527-565 M), menurut Museum Turki, situs resmi museum dan situs arkeologi di negara tersebut.

Seiring perkembangan zaman, kastil itu berfungsi sebagai Museum Panorama Pertahanan dan Kepahlawanan Gaziantep.