Satgas COVID-19: Sepekan Terakhir, Jawa Timur Masih Jadi Provinsi Penyumbang Kasus Terbanyak
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito (Foto: Humas BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut Provinsi Jawa Timur masih jadi penyumbang kasus harian COVID-19 terbanyak dibandingkan provinsi lain. Selama sepekan, Jawa Timur mengalami penambahan kasus sebanyak 20.539 orang.

"Dengan gambaran mingguan di sini terlihat bahwa ada lima provinsi dengan jumlah kasus tertinggi yaitu yang pertama adalah Jawa Timur mengkontribusikan 20.539 kasus," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube BNPB, Selasa, 28 Juli.

Sementara di bawah Provinsi Jawa Timur, terdapat Provinsi DKI Jakarta yang menyumbangkan 19.125 kasus. Selanjutnya, Wiku menyebut, di posisi ketiga terdapat Sulawesi Selatan dengan jumlah 8.881 kasus.

Kemudian, di posisi keempat adalah Jawa Tengah yang menyumbangkan 8.412 kasus dan terakhir adalah Jawa Barat dengan 6.039.

"Lima daerah tersebut berkontribusi cukup besar kepada jumlah kasus positif yang ada di Indonesia," tegasnya.

Lebih lanjut Wiku mengatakan, angka penambahan mingguan tersebut harusnya menjadi perhatian bagi pemerintah daerah dan masyarakat sehingga laju penambahan kasus bisa terus ditekan.

Selain itu, dia mengingatkan kepada pemerintah daerah dan masyarakat di lima provinsi itu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara terkait angka kesembuhan nasional, Wiku mengatakan persentase kesembuhan secara nasional mencapai 57,36 persen dan ada 24 provinsi dengan angka kesembuhan di atas persentase tersebut.

"Artinya ada 24 provinsi yang kesembuhannya relatif tinggi dan masih ada 10 provinsi dengan kesembuhan di bawah angka nasional yaitu di bawah 57,36 persen," pungkasnya.