Tim Peneliti Internasional Berhasil Temukan Fosil Kepiting Purba, Ditaksir Berusia 100 Juta Tahun
Ilustrasi rekonstruksi artistik Cretapsara athanata. (Artwork by Franz Anthony. Sumber: Javier Luque/Harvard University via Sci Tech Daily)

JAKARTA - Fosil yang terperangkap dalam damar memberikan gambaran unik tentang anatomi, biologi, dan ekologi organisme yang telah punah. Fosil yang paling umum ditemukan dalam damar, yang terbentuk dari resin yang keluar dari kulit pohon, adalah hewan darat, terutama serangga. Tetapi pada kesempatan yang sangat jarang, para ilmuwan menemukan amber yang menampung organisme akuatik.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 20 Oktober 2021, di jurnal '', tim peneliti internasional menggambarkan kepiting pertama dari era dinosaurus Kapur yang diawetkan dalam damar.

Studi ini menggunakan CT mikro untuk memeriksa dan mendeskripsikan Cretapsara athanata, kepiting tertua yang tampak moderen (berusia sekitar 100 juta tahun) dan fosil kepiting terlengkap yang pernah ditemukan.

Hal ini disaingi dalam kelengkapan oleh Callichimaera perplexa yang misterius, kerabat yang sangat jauh yang dijuluki platipus dari dunia kepiting. Pelestarian Callichimaera yang menakjubkan termasuk jaringan lunak dan bagian halus yang jarang menjadi fosil.

Baik Cretapsara dan Callichimaera adalah cabang baru di pohon kehidupan kepiting yang hidup selama Revolusi Kepiting Kapur, periode ketika kepiting terdiversifikasi di seluruh dunia dan kelompok modern pertama berasal sementara banyak lainnya menghilang.

Kepiting sejati, atau Brachyura, adalah kelompok krustasea ikonik yang keragaman bentuk, kekayaan spesies, dan kepentingan ekonominya yang luar biasa telah mengilhami perayaan dan festival di seluruh dunia. Mereka bahkan mendapatkan peran khusus di jajaran media sosial. Kepiting sejati ditemukan di seluruh dunia, dari kedalaman lautan, hingga terumbu karang, pantai, sungai, gua, dan bahkan di pepohonan karena kepiting sejati adalah salah satu dari sedikit kelompok hewan yang telah menaklukkan daratan dan air tawar berkali-kali.

Catatan fosil kepiting meluas kembali ke awal Jurassic, lebih dari 200 juta tahun yang lalu. Sayangnya, fosil kepiting non laut jarang ditemukan dan sebagian besar terbatas pada potongan-potongan karapas hewan, cakar dan kaki yang ditemukan di batuan sedimen. Itu sampai sekarang dengan ditemukannya Cretapsara athanata.

"Spesimennya spektakuler, ini adalah salah satu dari jenisnya. Ini benar-benar lengkap dan tidak ada satu rambut pun yang hilang di tubuh, yang luar biasa,” kata penulis utama Javier Luque, peneliti postdoctoral di Departemen Biologi Organisme dan Evolusi, Universitas Harvard, mengutip Sci Tech Daily 24 Oktober.

kepiting purba
Cretapsara athanata. (Sumber: Xiao Jia/LongyinAmber Museum via Sci Tech Daily)

Sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh salah satu penulis utama Lida Xing dari China University of Geosciences, Beijing, membuat CT scan mikro dari fosil tersebut, yang disimpan di Longyin Amber Museum di Yunnan, China. Pemindaian menciptakan rekonstruksi tiga dimensi penuh dari pelestarian hewan yang sangat indah yang memungkinkan Luque, Xing, dan tim mereka untuk melihat seluruh tubuh hewan termasuk jaringan halus, seperti antena dan bagian mulut yang dilapisi dengan rambut halus. Mengejutkan mereka menemukan hewan itu juga memiliki insang.

"Semakin kami mempelajari fosil, semakin kami menyadari bahwa hewan ini sangat istimewa dalam banyak hal," sebut Luque. Cretapsara terlihat sangat modern – secara dangkal menyerupai beberapa kepiting pantai yang ditemukan saat ini – tidak seperti kebanyakan kepiting selama era Kapur pertengahan yang terlihat sangat berbeda dari kepiting modern. Namun, hewan itu terkubur dalam kuning Kapur dan adanya insang yang berkembang dengan baik menunjukkan hewan akuatik hingga semi-akuatik. Hewan air jarang diawetkan dalam damar pohon yang menjadi kuning.

Kepiting yang sebelumnya ditemukan dalam damar hanya segelintir dan termasuk dalam kelompok hidup di daratan tropis dan kepiting yang hidup di pohon yang dikenal sebagai Sesarmidae dari Miosen (15 juta tahun yang lalu). Lalu bagaimana, para peneliti bertanya, apakah hewan air berusia 100 juta tahun menjadi terawetkan di pohon amber, yang biasanya menampung spesimen yang tinggal di darat?

Insang memungkinkan hewan air untuk bernapas di dalam air. Namun kepiting telah berhasil dan mandiri menaklukkan daratan, air payau, dan air tawar setidaknya dua belas kali sejak zaman dinosaurus. Dengan demikian insang mereka berevolusi untuk memasukkan jaringan seperti paru-paru yang memungkinkan mereka untuk bernapas baik di dalam maupun di luar air. Namun Cretapsara tidak memiliki jaringan paru-paru, hanya insang yang berkembang dengan baik yang menunjukkan bahwa hewan tersebut tidak sepenuhnya tinggal di darat.

"Sekarang kami berurusan dengan hewan yang kemungkinan bukan laut, tetapi juga tidak sepenuhnya terestrial. Dalam catatan fosil, kepiting non-laut berevolusi 50 juta tahun yang lalu, tetapi usia hewan ini dua kali lipat," papar Luque.

Studi filogenetik tim menunjukkan bahwa karsinisasi (evolusi bentuk yang tampak seperti kepiting) sebenarnya telah terjadi pada nenek moyang terbaru yang dimiliki oleh semua kepiting modern lebih dari 100 juta tahun yang lalu. Cretapsara menjembatani kesenjangan dalam catatan fosil dan menegaskan bahwa kepiting benar-benar menginvasi daratan dan air tawar selama era dinosaurus, bukan selama era mamalia, mendorong evolusi kepiting non-laut lebih jauh ke masa lalu.

Para peneliti berhipotesis, Cretapsara, berukuran lima milimeter di rentang kaki, adalah kepiting remaja dari air tawar untuk spesies amfibi. Atau, hewan itu mungkin kepiting remaja semi-terestrial yang bermigrasi ke darat dari air seperti yang terjadi pada kepiting merah Pulau Christmas yang ikonik di mana induk kepiting darat melepaskan bayinya ke laut, yang kemudian berkerumun keluar dari air kembali ke darat.

Mereka lebih lanjut berhipotesis, seperti kepiting yang ditemukan dalam damar dari Miosen, Cretapsara bisa menjadi pemanjat pohon. "Kepiting Miosen ini benar-benar kepiting yang tampak modern dan, sebagai kerabat mereka yang masih ada, mereka hidup di pohon-pohon di kolam kecil air. Kepiting arboreal ini dapat terperangkap dalam getah pohon hari ini, tetapi apakah itu menjelaskan mengapa Cretapsara diawetkan? dalam kuning?" jelas Luque.

Studi ini merupakan bagian dari proyek yang didanai National Science Foundation dengan melibatkan Luque, Profesor Javier Ortega-Hernández dan peneliti postdoctoral Joanna Wolfe, keduanya di Departemen Biologi Organisme dan Evolusi, Universitas Harvard, serta Profesor Heather Bracken-Grissom dari Universitas Internasional Florida.

Para peneliti memilih nama Cretapsara athanata, yang berarti roh Kapur abadi dari awan dan air, untuk menghormati Kapur, di mana kepiting ini hidup, dan Apsara, roh awan dan air dalam mitologi Asia Selatan dan Tenggara. Nama spesies didasarkan pada 'athanatos', abadi, mengacu pada pelestariannya yang hidup seolah-olah 'membeku dalam waktu' dalam kapsul waktu yang berwarna kuning.