Anies Baswedan Dorong Koperasi Kelola Perekonomian Masyarakat di Kampung Susun
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dorong fungsi koperasi untuk kelola perekonomian masyarakat yang berada di Kampung Susun Jakarta. Ini dianggap dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi COVID-19.

Hal ini disampaikan Anies Baswedan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Tahun 2021.

Anies menjelaskan bahwa peran Dekopin dalam mengembangkan fungsi koperasi sangat vital. Terutama untuk kawasan perdesaan (rural) yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber kekuatan alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman pedesaan.

"Sementara kami di Jakarta, sedang mendorong koperasi untuk mengelola dan mengatur kegiatan perekonomian yang ada di setiap Kampung Susun di Jakarta. Hal ini karena biasanya koperasi dianggap sukses di daerah rural, maka di daerah perkotaan ini akan kita lakukan contoh bahwa koperasi juga punya peran di Jakarta," katanya, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu, 23 Okotber.

Menurut Anies, dengan adanya dukungan koperasi dalam mengelola kegiatan perekonomian di Kampung Susun, diharapkan proses recovery ekonomi menjadi cepat, dan koperasi tumbuh lebih cepat lagi pasca pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan, bahwa koperasi di setiap Kampung Susun tersebut anggotanya akan terdiri dari seluruh penghuni. Contohnya, keberadaan Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri, di mana mereka diberi kepercayaan dalam urusan pengelolaan secara penuh.

"Intinya, bangunannya tetap milik Pemprov DKI, tapi kami tidak berurusan dengan masing-masing rumah. Kami hanya berurusan dengan koperasi yang anggotanya seluruh penghuni rumah susun," ucapnya.

"Hal ini karena mereka yang mengurus semuanya, dari memastikan iuran soal listrik, kebersihan, air bersih dan lainnya. Sehingga mereka hidup sebagai komunitas, dan itulah contoh nyata bahwa koperasi bisa berperan penting di kawasan urban," sambungnya.