Tanggul Sungan Kemuning Jebol, 450 Warga Kabupaten Bogor Kebanjiran
Ilustrasi-Genangan air di permukiman warga (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Hujan lebat melanda Kabupaten Bogor pasa Selasa, 19 Oktober malam lalu. Akibat curah hujan yang tinggi ini, tanggul penahan Kali Kemuning jebol.

Dampaknya, sekitar 450 warga Kecamatan Bojong Gede terdampak banjir pada 112 unit rumah yang terendam.

Plt. Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menuturkan tinggi muka air (TMA) pada banjir di Kecamatan Bojong Gede berkisar antara 20 sampai 40 sentimeter.

"Kondisi terkini, genangan air telah surut," kata Abdul Muhari dalam keterangannya, Kamis, 21 Oktober.

Abdul Muhari bilang, BPBD Kabupaten Bogor bersama instansi terkait telah melakukan asesmen ke lokasi untuk selanjutnya melakukan proses rehabilitasi dengan menutup tanggul yang jebol serta melakukan evakuasi di daerah terdampak bencana.

Sementara itu, pantauan prakiraan cuaca BMKG pada hari ini, Kabupaten Bogor masih berpotensi hujan disertai petir pada siang dan sore hari. Lalu, esok hari berpeluang berawan hingga hujan ringan.

Merujuk hasil analisa InaRisk, Kabupaten Bogor memiliki 37 Kecamatan yang berisiko kategori banjir dengan tingkat bahaya sedang hingga tinggi.

"BNPB mengimbau masyarakat melakukan upaya Pencegahan Bencana Hidrometeorologi dengan membersihkan saluran air dan membuat daerah resapan air serta dengan tidak membuang sampah di area daerah aliran sungai (DAS)," jelasnya.