Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, mengkritik kualitas tata suara masjid-masjid yang ada di Indonesia. Kata mantan wakil presiden ini, banyak masjid yang sound system-nya jelek.

"75 persen masjid di Indonesia jelek suaranya. Bisa didengar tapi tidak dimengerti," kata Jusuf Kalla, Selasa 19 Oktober.

Jusuf Kalla berbicara ini dalam Tablig Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H Masjid Istiqlal. Pernyataan Jusuf Kalla ini bisa dilihat di Channel YouTube Masjid Istiqlal.

Dalam beberapa hari ke belakang, Jusuf Kalla mengaku road show ke sejumlah masjid yang ada di Pulau Jawa. Mulai dari Masjid Agung Semarang hingga Masjid Raya Bandung. Dan dia menemukan permasalahan yang sama.

"Saya baru kemarin dari masjid agung di Semarang, kemudian masjid raya di Bandung, dalam waktu 3 hari untuk melihat apa yang dilakukan atau apa yang terjadi di masjid-masjid besar itu. Ada hal yang paling bersamaan ialah kalau orang bicara ada khotibnya bisa mendengar, cuma tidak mengerti, sistem yang semuanya keliru, didengar membisingkan telinga, dua-duanya," ujar JK.

"Padahal di masjid itu, 80 persen mendengar 20 persen ibadah atau salat," tandasnya.