Jusuf Kalla Imbau Pengurus Masjid Perbaiki Sistem Pengeras Suara
Ketua Umum PP DMI, H Jusuf Kalla saat melantik pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Masjid Agung Al Falah Jambi, Rabu(16/3).(ANTARA/Nanang Mairiadi).

Bagikan:

JAMBI - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meminta para pengurus masjid memperbaiki sistem pengeras suara di tempat ibdah masing-masing, agar dalam menjalankan ibadah tidak terganggu dengan suara yang berdengung.

Hal ini disampaikan Jusuf Kalla saat melantik pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jambi di Masjid Agung Al- Falah di Jambi, Rabu, 16 Maret.

JK sapaan akrab Jusuf Kalla juga meminta Dewan Masjid Indonesia di Provinsi Jambi bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan salah satu tugasnya adalah memperbaiki bunyi pelantang suara yang tidak stabil, sehingga suara dari masjid menjadi berdengung.

Menurut mantan wakil presiden itu, suara masjid yang berdengung akan membingungkan jamaah. Jika suara pelantang di masjid tidak bagus, maka akan kedengaran, tetapi sulit untuk dipahami maksud dari apa yang di sampaikan.

"Jika menyampaikan dakwah, maka jemaah tidak mengerti apa yang di sampaikan, jika suaranya dengung," katanya dilansir Antara.

Dia mengatakan, ada 10 persen masjid di Indonesia yang baru saja diperbaiki. Dengan demikian masih banyak yang belum diperbaiki.

Sementara itu Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jambi segera menindaklanjuti apa yang diperintahkan oleh Jusuf Kalla itu.

"Memang sound sistem di masjid ini belum optimal dalam menyampaikan syiar agama di masjid," kata Sekjen DMI Provinsi Jambi Rusli Adam.

Dia mengatakan dengan sound sistem yang kurang bagus, memang akan menghambat jamaah mencerna saat dai atau khutbah yang disampaikan tak bisa diserap maksimal.

"Kami akan maksimalkan ini, sehingga semua masyarakat bisa menerima dan mencerna dengan baik apa yang disampaikan saat syiar agama," katanya.