14 Rekomendasi Gim iPhone Terbaik yang Bisa Temani Akhir Pekan Kamu!
Ilusntras (Foto: Paul Hanaoka/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini mobile gaming atau gim ponsel semakin digemari semua kalangan, termasuk di ponsel iPhone. Meski visual sangat terbatas karena layar ponsel yang kecil, tetapi mobile gaming memiliki beberapa kelebihan dibandingkan gim di PC.
 
Misalnya saja seperti banyak gim gratis yang dapat diunduh, durasi gim lebih cepat, bisa dimainkan di mana saja, dan banyak gim crossplay yang sangat digemari seperti PUBG Mobile.
 
Dengan lebih dari satu juta aplikasi iPhone tersedia di App Store, pilihan permainan di iPhone hampir tidak terbatas. Namun, menemukan gim iPhone terbaik tidak selalu mudah. Banyak pula pilihan gim menarik yang gratis maupun berbayar.
 
Untuk itu, simak rekomendasi gim terbaik iPhone di bawah ini yang bisa Anda unduh di perangkat iOS Anda. Perlu dicatat, gim ini hanya bisa dijalankan pada iOS 14 ke atas, seperti dilansir dari Digital Trends, Sabtu, 16 Oktober.
 

1. Minecraft

 
Sudah hampir satu dekade sejak diluncurkan, gim ini selalu menjadi favorit untuk dimainkan. Begitu banyak yang telah diperbarui selama bertahun-tahun sehingga hampir tidak menyerupai gim yang diluncurkan pada tahun 2011 itu.
 
Di Minecraft, Anda harus bertahan dan berkembang laiknya manusia. Dengan cara, Anda harus memanfaatkan sumber daya yang ditemukan di dalam gim. Anda juga akan memiliki misi membangun kastil raksasa, pertanian, dan masih banyak lagi. Gim ini bisa kamu unduh dengan membayar 7 dolar AS atau setara Rp98.000-an.
 

2. Street Fighter

 
Gim ini adalah salah satu waralaba gim pertarungan terbesar di dunia, dan sekarang telah hadir di iPhone Anda dengan Street Fighter IV CE. Versi mobile gaming dari video gim yang diluncurkan 2008 ini memberi Anda akses ke 31 petarung, beberapa grafik yang mengesankan, mode tunggal, multiplayer, dan dukungan pengontrol permainan penuh juga. Jika Anda tertarik dengan gim ini, Anda harus merogoh kocek sekitar 5 dolar AS atau setara Rp70.000-an.
 

3. Plague Inc

 
Dengan memainkan gim ini, Anda akan bermain sebagai penyakit baru, baik bakteri, virus, jamur, atau yang lainnya dan menginfeksi orang sebanyak mungkin. Seiring berjalannya waktu, Anda harus memilih antara menjadi lebih menular dan mempertaruhkan penemuan obat atau vaksin.
 
Anda juga dapat memilih untuk tetap berada di bawah radar selama mungkin sehingga Anda dapat dengan cepat bermutasi dan meningkatkan virus sekaligus. Plague Inc. masih merupakan gim yang bagus untuk dimainkan kapan pun.
 

4. Warpath

 
Pada gim ini, Anda diharuskan untuk bertempur dan menerapkan strategi dengan keputusan cepat yang dibuat secara mendadak sering kali menjadi perbedaan antara kemenangan dan kekalahan. Warpath adalah cara yang menyenangkan untuk mencoba strategi pertempuran waktu nyata di ponsel Anda.
 
Dengan grafik yang tampak luar biasa dan realistis, berbagai medan pertempuran, dan elemen penyesuaian yang terbuka saat Anda bermain, ini menyenangkan jika Anda selalu melihat diri Anda sebagai ahli strategi pertempuran.
 

5. Clash of Clans

 
Gim yang satu ini benar-benar layak mendapat posisi gim terbaik di iOS. Ini adalah gim pembangun sebuah kota yang terbengkalai, dan sangat menyenangkan untuk dimainkan. Anda bisa bersaing dan melawan desa saingan, bergabung dengan aliansi dan bertarung dalam Perang Klan, atau hanya diam-diam mencoba menyelamatkan diri sendiri saat kekacauan terjadi di sekitar Anda. Ini adalah permainan yang sangat menyenangkan, gim ini juga memiliki transaksi di dalamnya, yang memungkinkan Anda membeli emblem dari gim.
 

6. Hello Neighbor

 
Gim yang satu ini seperti di kehidupan nyata, di mana jika Anda memiliki tetangga merencanakan sesuatu yang jahat, dan Anda akan mencari tahu apa itu. Anda akan diminta untuk mencari tahu dengan menyelinap ke rumahnya.
 
Namun, sang tetangga dengan hati-hati akan memasang jebakan untuk menghentikan penyelidikan Anda. Kecerdasan buatan (AI) canggih berjalan di belakang layar di Hello Neighbor, dan itu akan berfungsi sesuai tindakan Anda.
 
Nantinya, Anda akan menemukan sejumlah perangkap beruang di sepanjang jalan ke rumah sang tetangga dan terdapat kamera di dekat pintu masuk, ini merupakan dua cara tetangga Anda dapat menghentikan Anda, jadi Anda diharuskan melewati semua jebakan dan tantangan ini.
 

7. Brawl Stars

 
Jika Anda suka memainkan gim pertarungan, Brawl Stars adalah jawabannya. Ini akan melemparkan Anda ke arena pertempuran melawan pemain lain, dengan tujuan membunuh pemain lain sebanyak mungkin untuk membuka karakter baru dengan keterampilan unik, dan skin untuk karakter yang ada.
 
Seperti banyak gim besutan Supercell, pertandingan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, yang membuat Brawl Stars menjadi pilihan tepat jika Anda membutuhkan permainan pertarungan cepat. Diketahui, Supercell adalah studio di balik gim-gim besar seperti Clash Royale, Boom Beach dan tentu saja Clash of Clans.
 

8. The Seven Deadly Sins

 
Berdasarkan manga atau anime populer dengan nama yang sama, The Seven Deadly Sins adalah RPG lengkap yang berlatar dunia Britannia, di mana manusia melawan iblis dalam Perang Suci yang diluncurkan kembali.
 
Bangun tim Anda sendiri berdasarkan karakter seri (selalu pasangkan Ban dan Melodias, mereka adalah teman terbaik ), dan kalahkan iblis untuk mempertahankan kerajaan. Bahkan ada mode kooperatif dua pemain. Ini adalah permainan yang sangat besar untuk platform, dan ia hadir dengan banyak tambahan yang menyenangkan, seperti model karakter yang dirender dalam AR.
 

9. Black Desert Online

 
Salah satu dari sedikit gim iOS yang dapat menyebut dirinya sebagai MMORPG seluler sejati, Black Desert Online adalah gim open-world gratis untuk dimainkan dengan banyak sekali tawaran jika Anda penggemar gim PC seperti World of Warcraft, Final Fantasy XIV, atau MMORPG lainnya.
 
Dengan 14 kelas karakter untuk dipilih, dunia yang luas untuk dijelajahi, dan beberapa grafik yang indah, Black Desert Online adalah salah satu MMORPG besar untuk dipilih di iOS. Sayangnya, itu memang memiliki beberapa elemen berbayar, termasuk peningkatan karakter.
 

10. Farming Simulator 20

 
Meski Anda harus merogoh kocek 6 dolar AS atau setara Rp84.000-an untuk mengunduh gim ini, tetapi Anda dapat belajar bertani, dengan pendekatan dan grafis yang realistis dari Farming Simulator 20.
 
Gim ini juga telah banyak mengalami perubahan, salah satunya dengan hadirnya traktor bermerek dari 100 mesin dari nama dunia nyata. Anda akan diminta untuk bertani dan memanen berbagai macam tanaman, menunggang kuda dan memelihara sapi. Menarik bukan?
 

11. GeoGuessr

 
Apakah Anda dapat membedakan Islandia dari Patagonia? Mongolia dari Rusia? Bagaimana dengan Idaho dari Yorkshire? Jika Anda seorang ahli geografi, ujilah diri Anda dengan memainkan GeoGuessr. Konsepnya sangat sederhana, Anda akan dijatuhkan ke lokasi acak dari Google Street View, dan tugas Anda adalah mencari tahu di mana tepatnya Anda berada. Anda dapat bermain sendiri atau bersaing dengan pemain lain.
 

12. Shadowgun Legends

 
Ini adalah gim first-person shooter (FPS) berbasis ponsel pertama yang menunjukkan kepada kita apa yang benar-benar dapat dilakukan oleh smartphone. Bermain sebagai pahlawan legendaris, salah satu Shadowguns, tugas Anda adalah melawan penjajah asing yang mengancam akan mengakhiri kehidupan di Bumi.
 
Ada lebih dari 200 misi, tapi itu bukan satu-satunya hal yang membuat Anda tetap tertarik. Anda juga harus menjadi terkenal sebagai prajurit untuk mengakses beberapa hadiah. Ikut serta dalam pertempuran melawan komputer dan bahkan pemain lain untuk membangun popularitas Anda dan menjadi Shadowgun terhebat.
 

13. League of Legends

 
Adalah salah satu gim terbesar di dunia, dan sekarang Anda dapat memainkannya di iPhone. Jika Anda pernah bermain LoL sebelumnya, maka Anda tahu apa yang dimainkan, pilih juara Anda dan bergabunglah dengan tim Anda yang terdiri dari empat pemain lain dalam pertempuran lima lawan lima untuk mendorong peta dan masuk ke markas lawan.
 
Ini adalah formula sederhana, tetapi arena pertempuran online seluler (MOBA) juga sangat dalam, dan Anda akan segera mencari taktik untuk juara pilihan Anda. Ini gratis untuk dimainkan, jadi Anda tidak perlu membayar untuk mengakses salah satu juara. Sebagai gantinya, Anda dapat membuka kuncinya dari waktu ke waktu dengan memainkan gim.
 

14. Chess — Play & Learn

 
Siapa yang tak tertarik bermain catur? Permainan legendaris ini bisa kamu mainkan di iPhone. Kamu akan memiliki sejumlah besar lawan untuk bermain, baik manusia dan AI, dan jika Anda memilih lawan yang dikendalikan komputer, maka Anda dapat memastikan untuk memilih lawan yang mudah (jika Anda baru memulai), lawan adaptif (yang akan mengubah kesulitan mereka untuk mencoba dan memberi Anda tantangan), atau grandmaster (jika Anda ingin mengembangkan keterampilan Anda).
 
Anda dapat bermain secara gratis, tetapi Anda juga dapat membayar untuk berbagai tingkatan keanggotaan, yang menawarkan teka-teki tak terbatas, lebih banyak pelajaran, dan analisis permainan, di antara bonus lainnya.