Ini 7 Fitur Android Baru, Google Bawa Kemampuan Pengguna Bisa Kontrol Ponsel dengan Wajah
Google mengumumkan perluasan pengaturan aksesibilitas serta fitur baru. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan perluasan pengaturan aksesibilitas serta fitur baru yang memungkinkan pengguna Android dapat menavigasi ponsel mereka dengan gerakan wajah.

Fitur baru itu membantu pengguna dengan gangguan bicara dan motorik. Ini termasuk di antara sekitar selusin pembaruan untuk sistem operasi seluler yang diumumkan. Berikut sejumlah fitur baru dan pembaruan yang diluncurkan Google, seperti dikutip dari laman resminya, Jumat, 24 Agustus.

  1. Kontrol Ponsel dengan Gerakan Wajah

Google menyatakan fitur ini terinspirasi oleh penyandang disabilitas motorik dan bicara, Camera Switches dan Project Activate adalah dua fitur aksesibilitas baru dibekali pembelajaran mesin yang memungkinkan pengguna menggunakan ponsel dengan membuat gerakan wajah.

Fitur Camera Switches adalah fitur dalam Android Accessibility Suite yang mengubah kamera depan untuk mendeteksi gerakan wajah dan mata. Mereka secara efektif mengubah kamera depan menjadi sakelar, alat adaptif yang menggantikan fungsi keyboard, mouse, atau layar sentuh.

Sementara itu, Project Activate adalah aplikasi baru yang memudahkan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri. Pengguna dapat membuat isyarat untuk memainkan frasa tertentu, mengirim pesan teks tertentu, melakukan panggilan telepon, memutar audio, atau mengontrol speaker pintar.

Adapula pengenalan tulisan tangan ke Lookout, aplikasi yang menggunakan kamera ponsel untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan atau kebutaan guna menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Dalam mode Document, Lookout sekarang akan membacakan teks tulisan tangan dan cetak untuk bahasa berbasis Latin. Selain itu, Google juga menambahkan pengakuan Euro dan Rupee India dalam mode Mata Uang, dengan lebih banyak lagi yang akan segera hadir.

  1. Kontrol TV dengan Ponsel

Fitur ini dimaksudkan untuk mengendalikan jarak jauh langsung ke ponsel Android, sehingga pengguna dapat menyalakan TV, menavigasi melalui rekomendasi, atau bahkan memulai acara favorit langsung dari ponsel.

Pengguna dapat menggunakan keyboard ponsel untuk mengetikkan sandi, nama film, atau istilah pencarian yang rumit dengan cepat. Fitur ini akan datang ke 14 negara lagi selama beberapa minggu ke depan.

  1. Kelola Tugas Menggunakan Pengingat dari Google Assistant

Melacak tugas sehari-hari menjadi lebih mudah dengan Pengingat. Sekarang pengguna dapat mengelola semua pengingat di satu tempat dengan mengucapkan, "Ok Google, buka pengingat saya" di mana pengguna juga akan melihat saran berguna untuk pengingat berulang yang dapat diaktifkan dengan satu ketukan.

Tentu saja, pengguna juga dapat terus menggunakan suara untuk membuat dan mengotomatiskan tugas. Cukup ucapkan, "Ok Google, ingatkan saya untuk menyirami tanaman setiap pagi". Setelah disetel, Google akan memberi tahu pada saat yang tepat di seluruh perangkat, baik jika sedang di rumah atau dalam perjalanan.

  1. Hadirnya Android Auto Mudahkan Perjalanan

Dengan Android Auto, pengguna dapat tetap terhibur dengan meluncurkan dan mendengarkan musik, berita, dan podcast favorit dengan rekomendasi yang dipersonalisasi dari Asisten Google.

Pengguna Android Auto juga dapat bermain gim saat sedang parkir, membantu mereka mengetahui jika ada rapat dan pesan penting, plus pembaruan pada Waze untuk menciptakan pengalaman navigasi yang lebih efisien. Desain baru mencakup dukungan touchpad, mode malam, dukungan panduan jalur, dan menempatkan peta serta petunjuk arah di garis depan sehingga elemen lain tidak menghalangi.

  1. Tambahkan Foto dan Video ke Ruang yang Dilindungi Kode Sandi

Sebelumnya fitur ini hanya tersedia di Pixel dan sekarang akan segera diluncurkan ke Android. Folder Terkunci di Google Photos memberi pengguna ruang yang dilindungi kode sandi untuk menyimpan foto dan video secara terpisah, sehingga tidak akan muncul saat menggulir Google Photos atau aplikasi lain di perangkat pengguna.

  1. Ekspresikan Diri dengan Gboard

Untuk menambahkan lebih banyak lagi kombinasi emoji favorit, Google menghadirkan emoji Kitchen di Gboard, dengan lebih dari 1.500 stiker datang musim gugur ini.

Selain itu, Gboard juga memungkinkan saat pengguna menyalin teks yang menyertakan beberapa informasi seperti nomor telepon, alamat email, dan URL, Gboard akan secara otomatis mengekstrak dan memisahkannya menjadi beberapa opsi tempel, sehingga pengguna dapat memilih informasi yang paling penting.

  1. Kontrol Siapa yang Berbagi dengan Anda

Dengan setelan visibilitas yang ditingkatkan di Nearby Share, pengguna dapat mengontrol sepenuhnya siapa yang dapat menemukan perangkat mereka dan mengirim file. Google menyediakan pilihan antara semua orang, kontak, atau siapa pun, dan pengguna dapat dengan mudah mengubah preferensi melalui ruang Pengaturan Cepat di ponsel kapan saja.