Selamat Pak Anies! Jakarta Resmi Masuk Kalender Tuan Rumah Formula E 4 Juni 2022
Kalender Formula E di Jakarta (Foto: DOK Formula E)

Bagikan:

JAKARTA - FIA World Motor Sport Council di Paris mengesahkan kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022 pada 15 Oktober kemarin. Hasilnya, Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada tanggal 4 Juni 2022.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, lewat keterangan video, memberikan ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Longo bilang, Anies berhasil mewujudkan program Jakarta Langit Biru untuk tujuan udara yang bersih lewat gelaran Formula E.

"Gubernur Anies mengirimkan pesan bahwa menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh. Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," kata Longo dikutip VOI, Sabtu, 16 Oktober.

Longo menganggap Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix merupakan kegiatan yang penting. Ia pun mengapresiasi upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari trend mobil listrik dunia,  Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," tutur Longo.

Sebagai informasi, beberapa bulan lalu, pengelola Formula E di New York, Amerika Serikat (AS), merilis kalender sementara penyelenggaraan Formula E pada tahun 2022 tanpa ada nama Jakarta sebagai tuan rumah.

Saat itu, FIA merilis 16 balapan Formula E di 12 kota dalam laman fiaformulae.com. Meski tak ada nama Jakarta dalam daftar penyelenggara, tapi, satu jadwal dengan keterangan TBD atau to be determined pada 4 Juni 2022.

Sampai akhirnya, Anies memerintahkan Jakpro melakukan negoisasi ulang kepada Formula E Operation (FEO) agar Jakarta tetap bisa menjadi penyelenggara Formula E. Setelah renegoisasi, akhirnya Jakarta mendapat jatah tuan rumah Formula E pada jadwal TBD.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E bakal digelar di Diriyah (Saudi Arabia), Rome, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul. Formula E di Jakarta, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan.