Mengenal Asal Muasal Panggilan 'Jokowi'

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengungkapkan asal muasal munculnya panggilan 'Jokowi' untuk dirinya. Lewat akun Twitter dan Instagramnya, dia mengunggah cerita tersebut.

Dalam unggahannya pada Minggu, 10 November, dia menjelaskan, panggilan 'Jokowi' bukanlah panggilan masa kecilnya. Panggilan itu diberikan salah satu kolega Jokowi di Prancis, Bernard Chene. Alasan Bernard Chene memanggil Jokowi adalah biar mudah.

"Nama saya Joko Widodo, dipanggil Jokowi. Dan nama panggilan ini melekat bukanlah dari saya kecil, tapi semenjak mengenal Bernard Chene. Dia kawan saya. Orang Prancis," kata Jokowi.

 

Dalam unggahan itu, Jokowi juga menyematkan video yang berisi tentang cerita Bernard. Video itu berdurasi sekitar satu menit. Video tersebut berisi penjelasan Bernard Chene tentang asal muasal nama panggilan Jokowi.

Bernard bercerita, orang Prancis suka dengan nama panggilan yang pendek. Sementara, nama Joko Widodo terlalu panjang buat mereka. 

"Kemudian saya tanya ke beliau. Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil 'Jokowi' saja? Dan begitulah awal ceritanya," kata Bernard.

Bernard juga bercerita tentang perasaannya saat ini ketika nama Jokowi jadi terkenal. Apalagi, panggilan itu tadinya hanya Bernard dan Jokowi yang tahu. 

"Sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu. Ya mungkin sedikit senang sih, karena kan saya yang membuatnya, Bagus!," katanya.

Sementara itu mengenai definisi nama Jokowi dalam tiga kata, Bernard menyebutkan dapat diandalkan, dapat dipercaya dan sangat pintar.

"Itu tiga kata untuk Jokowi," katanya.

Video cerita Bernard soal Jokowi juga diunggah di akun YouTuber Jokowi. Durasinya lebih panjang, mencapai 5 menit. Video ini bercerita juga soal perkenalan Bernard dengan Jokowi. Serta kenangannya ketika Jokowi berada di Prancis dan meminta Bernard datang menemuinya.