Jaga Hubungan Islam, Kristen dan Agama Lain di Papua Barat, Wapres Ma'ruf Amin 'Angkat Topi' Untuk Gubernur Dominggus
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin 'angkat topi' (memberikan apresiasi/hormat) kepada Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan beserta jajaran yang telah menunjukkan komitmen dalam mewujudkan terciptanya kerukunan antarumat beragama.

“Gubernur Papua Barat telah menunjukkan bagaimana komitmen beliau menjaga hubungan antara agama Islam, Kristen dan agama-agama yang lain di Papua Barat,” kata Ma'ruf dalam kunjungan kerja di Kantor MUI Provinsi Papua Barat di Manokwari, Antara, Jumat, 15 Oktober. 

Dia mengatakan bahwa menjaga kerukunan umat beragama berarti menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita ingin menjaga NKRI dengan tetap menjaga kerukunan antarumat beragama karena kerukunan agama, kerukunan rakyat merupakan unsur utama dalam kerukunan nasional, dan kerukunan nasional merupakan prasyarat daripada kesuksesan yang kita inginkan,” katanya.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan bahwa salah satu cara yang harus diimplementasikan dalam mewujudkan cita-cita tersebut dengan menyampaikan ajaran agama atau menyampaikan pesan dari dan kepada masyarakat dengan cara yang santun.

Sebab, kata dia, ajaran santun yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan kesantunan maka narasi kerukunan dapat terbentuk dengan baik.

Ma'ruf juga meminta, dalam menjalankan dakwah supaya tetap menggunakan cara-cara yang baik dengan kalimat yang santun.