Selama 14 Hari, Polisi Tindak 3.595 Motor Knalpot Bising di Jalan
Polisi mendindak pengguna motor knalpot bising/ Foto: Twitter @TMCPoldaMetro

Bagikan:

JAKARTA – Setelah 14 hari menggelar Operasi Patuh Jaya 2021, kepolisian berhasil menindak ribuan kendaraan menggunakan knalpot bising. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono mengatakan, para pelanggar diberikan sanksi tilang.

"Untuk pelanggaran knalpot yang tidak sesuai standar berjumlah 3.595 kendaraan," kata Argo, Senin 4 September.

Tidak hanya ditilang, pengguna knalpot bising juga turut disita pihak kepolisian. Adapun pelanggaran terbanyak dalam Operasi Patuh Jaya 2021 ini dilakukan oleh pengendara roda dua.

Diketahui, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2021 selama 14 hari mulai dari 20 September sampai 3 Oktober 2021. Salah satu sasaran dalam operasi tersebut yakni menindak kendaraan yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan ketentuan.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, knalpot bising dapat menyebabkan polusi suara, merusak konsentrasi pengendara lainnya hingga menimbulkan kecelakaan di jalan yang meresahkan masyarakat.

"Knalpot bising menjadi salah satu komplain dari masyarakat karena menimbulkan bising suara dan bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas," tukas Sambodo.