Wapres Ma’ruf Amin: Kerukunan Kita Jaga, Insyaallah Kita Selalu Aman
Wapres Ma’ruf Amin saat berdialog dengan diaspora Indonesia di Singapura, Selasa (18/10/2022). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan tentang pentingnya dialog kebangsaan untuk merawat kerukunan dalam pertemuannya dengan perwakilan Diaspora Indonesia di Singapura.

“Kerukunan kita jaga, dialog-dialog kebangsaan terus kita bangun sehingga insyallah kita selalu aman,” ujar Ma’ruf Amin saat melakukan dialog dengan perwakilan Diaspora Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura dilansir ANTARA, Selasa, 18 Oktober.

Menurut Wapres, adanya dasar negara Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai kesepakatan nasional menjadi fondasi yang kuat di dalam merawat keberagaman.

Wapres menyampaikan kesepakatan nasional harus dijaga masyarakat yang merupakan implementasi dari perwujudan umat Islam yang utuh.

“Umat Islam itu harus menjadi Muslim yang kaffah (utuh), tapi harus bisa memegang kesepakatan. Ini yang kita kembangkan. Kalau ini dipahami, tidak ada intoleran,” ujar Ma’ruf Amin.

Selain itu, Wapres menuturkan adanya forum-forum keagamaan turut mendorong kerukunan antarumat beragama serta menjadi perantara dalam merumuskan solusi bagi beragam permasalahan masyarakat.

“Kita membangun juga pranata-pranatanya, ada Kementerian Agama, ada lagi majelis-majelis agama, Islam ada MUI (Majelis Ulama Indonesia), Kristen ada KWI (Konferensi Waligereja Indonesia), ada PGI (Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia), Buddha ada, Hindu ada, dan ada Forum Kerukunan Umat Beragama. Kita terus mengembangkan dialog-dialog kebangsaan,” papar Ma’ruf Amin.