Di Tengah Perjalanan, Wapres Ma'ruf Amin Berhentikan Mobil Lalu Temui Mama-mama Pedagang Pinang di Manokwari
Wapres Ma'ruf Amin menemui pedagang pinang di Manokwari Papua Barat/FOTO via ANTARA

Bagikan:

MANOKWARI - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima aspirasi secara langsung dari pedagang pinang di jalan kompleks perkantoran provinsi Papua Barat, di Manokwari, Papua Barat.

Menurut Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wapres (BPMI Setwapres) Rusmin Nuryadin, percakapan antara Wapres dan pedagang pinang tersebut berlangsung di tengah perjalanan Wapres usai memimpin rapat koordinasi di Kantor Gubernur Papua Barat.

"Tadi Bapak Wapres dalam perjalanan dari rapat menuju penginapan berhenti sejenak untuk berbincang dengan ‘mama-mama’ pedagang pinang," kata Rusmin dikutip Antara, Kamis, 14 Oktober.

Setelah mendengarkan permintaan dari sejumlah pedagang tersebut, Wapres kemudian pamit sembari memberikan sedikit bantuan uang kepada mereka.

"Iya, tadi Bapak (Wapres) juga memberikan bantuan kepada ‘mama-mama’ di sana, sebagai bentuk perhatian Bapak kepada masyarakat di Papua Barat," tambah Rusmin yang ikut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ke Papua Barat.

Sementara itu, dalam rekaman video yang dibagikan BPMI Setwapres, pedagang pinang bernama Mama Popi menyampaikan aspirasinya agar “mama-mama” dapat memiliki pondok yang layak untuk berjualan.

"Sekiranya Bapa (Wapres) ada kebijakan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten untuk membangun pondok-pondok jualan. tidak (perlu) yang elite, tidak permanen; yang kami minta yang penting kami bisa duduk selayaknya kami mama-mama berjualan," kata Mama Popi yang menjual pinang dan alpukat mentega.


Wapres menanggapi permintaan pedagang tersebut dengan menganggukkan kepala dan memberi motivasi agar masyarakat dapat berjualan sehingga meningkatkan perekonomian setempat.

Wapres Ma’ruf Amin melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Maluku, Papua Barat, Papua, dan Nusa Tenggara Timur mulai Rabu, 13 Oktober hingga Sabtu, 16 Oktober.

Rencananya, Wapres akan melakukan dialog bersama tokoh organsisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Paulus Sowi.

Selanjutnya, Jumat, 15 Oktober, Wapres akan menuju ke Papua untuk menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan memimpin rapat koordinasi di Kantor Gubernur Papua.