Warga Kampung Mosso Dilatih Prajurit TNI Cara Bikin Kue Klepon
Foto via Dispenad

Bagikan:

JAKARTA - Pos Mosso Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs mengajari warga Kampung Mosso Distrik Muara Tami, Jayapura, bagaimana cara membuat jajanan tradisional berupa kue klepon yang berbahan dasar ubi.

Pasalnya bahan baku kue itu banyak terdapat di daerah penugasan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs.

Warga Kampung Mosso yang punya mata pencaharian petani, merupakan wilayah ngan tingkat kesuburan tinggi. Dengan hasil kebun ubi yang melimpah, masyarakat kebingungan tentang cara mengolahnya agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis.

"Selama ini hasil dari ubi kayu hanya dibakar dan untuk konsumsi. Tapi sekarang bisa diolah menjadi kue klepon yang rasanya lebih enak dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi,” kata Danpos Mosso Letda Inf Eri Hermawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis 14 Oktober.

Danpos Mosso berharap dengan kegiatan ini, masyarakat bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengolah hasil kebun. Bukan saja untuk dikonsumsi, namun juga menjadi tambahan penghasilan yang dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

Di tempat terpisah, Serena (35) salah satu warga Kampung Mosso mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs telah peduli mengajarkan cara membuat kue klepon.

Menurutnya, keterampilan yang telah diajarkan dapat dijadikan sebagai usaha kecil dalam membantu tingkat perekonomian keluarga.