PSI Berambisi Targetkan 27 Kursi DPRD DKI di Pileg 2024
FOTO: Kopdarwil PSI DKI/DOK PSI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta Michael Victor Sianipar mengatakan parpolnya berambisi untuk meraih 27 kursi di DPRD DKI saat Pemilu Legislatif 2024.

Angka ini naik drastis dari jumlah Anggota Fraksi PSI yang menjabat sebagai Anggota DPRD DKI periode 2019-2024 sejumlah 8 orang. Sementara, jumlah partai yang meraih kursi terbanyak di DPRD DKI saat ini adalah PDIP dengan 25 Anggota Fraksi.

"Targetnya 27 kursi di DPRD DKI. Saat ini Anggota PSI yang duduk di DPRD DKI hanya 8 orang," kata Michael saat dihubungi, Selasa, 12 Oktober.

Demi mencapai target tersebut, PSI tengah melakukan seleksi calon anggota legislatif untuk mengikuti kontestasi politik di Ibu Kota.

Michael meyakini nantinya akan muncul pemimpin dan calon anggota legislatif Jakarta dari kader PSI yang mewakili masyarakat Jakarta dari segala lini, profesi, dan latar belakang.

“PSI Jakarta tidak hanya mencari orang-orang pandai dan berpengalaman, tapi juga mencari orang-orang yang memiliki hati dan panggilan untuk membuat perubahan dan dampak nyata di Jakarta,” ucap Michael.

PSI menargetkan bisa menjaring 2.000 orang untuk mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Jakarta. Nanti, PSI akan menyaring 106 kader untuk maju sebagai caleg.

Michael memperhitungkan, proses pengkaderan hingga persiapan caleg membutuhkan waktu satu tahun sebelum pendaftaran Pemilu 2024.

Dalam proses seleksi ini, PSI bakal memilih orang-orang yang memiliki nilai jual kepada publik dengan rekam jejaknya dari berbagai daerah.

"Kita butuh caleg yang kompeten, punya rekam jejak. Mungkin ada yang dari aktivis, wirausaha, wartawan juga boleh. Nanti untuk masalah kampanye, itu urusan partai," ucap Michael.

"Rekam jejak inilah yang nanti kami kemas dan pertontonkan kepada masyarakat. Bayangkan kalau orang seperti itu duduk di DPRD. Itu strategi kami," lanjut dia.