Menlu Retno Bawa Kabar Baik, Arab Saudi Berikan Lampu Hijau Jemaah Indonesia Umrah
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Arab Saudi telah memberikan lampu hijau kepada jemaah Indonesia terkait ibadah Umrah. Informasi itu didapat dari nota diplomatik Kedutaan Arab Saudi di Jakarta.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jemaah umrah Indonesia," ujar Retno dalam keterangannya, Sabtu, 9 Oktober.

Dengan adanya informasi itu, Retno menyebut komite khusus sedang melakukan upaya-upaya tertentu. Sehingga, signal baik terkait ibadah umrah ini tidak ada hambatan dan dapat terlaksana dengan cepat.

"Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umroh," ungkapnya.

Saat ini pun sedang dilakukan pembahasan dengan Arab Saudi soal pertukaran link teknis dengan Indonesia yang pembahasan itu menjelaskan para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah.

Selain itu, nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

"Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru ini," tandas Retno.