Lamban Realisasikan Lima Poin Konsensus, Myanmar Terancam Tidak Diundang dalam Pertemuan ASEAN
ASEAN Leaders Meeting 2021 di Jakarta, Indonesia. (Wikimedia Commons/Kementerian Luar Negeri Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) sedang mendiskusikan untuk tidak mengundang pemimpin rezim militer Myanmar dalam pertemuan puncak akhir bulan ini, lantaran kurangnya kemajuan pada peta jalan yang disepakati untuk memulihkan perdamaian di negara yang dilanda perselisihan, seorang utusan regional mengatakan pada hari Rabu.

Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar Erywan Yusof mengatakan dalam keterangannya, kelambanan rezim militer Myanmar menjalankan Lima Poin Konsensus, sama saja dengan kemunduran

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta 1 Februari yang dipimpin oleh Panglima Militer Jenderal Senior Min Aung Hlaing, mengakhiri satu dekade demokrasi tentatif dan kembalinya kekuasaan militer telah memicu kemarahan di dalam dan luar negeri.

Erywan, menteri luar negeri kedua ketua ASEAN Brunei mengatakan, ASEAN sedang dalam pembahasan mendalam untuk tidak mengundang rezim Myanmar berpartisipasi dalam pertemuan puncak virtual pada 26-28 Oktober, setelah masalah itu diangkat oleh Malaysia dan beberapa negara anggota lainnya.

"Hingga hari ini belum ada kemajuan pelaksanaan musyawarah mufakat lima poin, dan ini menimbulkan kekhawatiran," kata Erywan, mengutip Reuters 6 Oktober.

Juru bicara rezim militer Myanmar Zaw Min Tun tidak menanggapi panggilan telepon dari Reuters pada Hari Rabu. Dalam konferensi pers pekan lalu dia mengatakan, Myanmar bekerja sama dengan ASEAN "tanpa mengorbankan kedaulatan negara".

rezim militer myanmar
Rapat rezim militer Myanmar. (Sumber: seniorgeneralminaunghlaing.com.mm)

Upaya blok tersebut untuk terlibat dengan militer Myanmar telah dikritik oleh para pendukung demokrasi, dengan komite anggota parlemen Myanmar yang digulingkan menyatakan junta sebagai kelompok teroris, dan mengatakan keterlibatan ASEAN akan memberinya legitimasi.

Namun, mengeluarkan seorang pemimpin dari KTT akan menjadi langkah besar bagi ASEAN, yang beroperasi di bawah prinsip-prinsip pengambilan keputusan konsensus dan lebih memilih keterlibatan, daripada konfrontasi, dengan negara-negara anggota.

Erywan mengatakan, rezim militer Myanmar tidak secara langsung menanggapi permintaannya untuk bertemu dengan mantan pemimpin yang ditahan Aung San Suu Kyi, yang pemerintahannya digulingkan dalam kudeta.

Dia menambahkan, dirinya telah mengusulkan program kunjungannya ke Myanmar kepada militer yang ditunjuk Menteri Luar Negeri Wunna Maung Lwin minggu lalu, tetapi junta belum menanggapi.

Terpisah, sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah Malaysia mengatakan, utusan ASEAN tidak mungkin mengunjungi Myanmar sebelum KTT seperti yang ditargetkan sebelumnya.

Untuk diketahui, lebih dari 1.100 orang telah tewas sejak kudeta, menurut PBB, banyak selama tindakan keras oleh pasukan keamanan terhadap pemogokan dan protes pro-demokrasi, di mana ribuan orang telah ditangkap. Junta mengatakan bahwa perkiraan itu dilebih-lebihkan dan anggota pasukan keamanannya juga tewas.

Peta jalan ASEAN mencakup komitmen untuk berdialog dengan semua pihak, memungkinkan akses kemanusiaan dan menghentikan permusuhan.

Sejarah panjang kediktatoran militer Myanmar dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia telah menjadi masalah paling rumit ASEAN, menguji batas kesatuannya dan kebijakan non-intervensinya.

Namun pertemuan para menteri luar negeri virtual pada Hari Senin menyuarakan kekecewaan tentang kurangnya kemajuan yang dibuat oleh Dewan Administrasi Negara (SAC) atau rezim militer Myanmar.

Kudeta Myanmar. Redaksi VOI terus memantau situasi politik di salah satu negara anggota ASEAN itu. Korban dari warga sipil terus berjatuhan. Pembaca bisa mengikuti berita seputar kudeta militer Myanmar dengan mengetuk tautan ini.