Honorer Guru Tingkat TK-SMP di Balangan Kalsel Naik Rp100 Ribu, Bupati Abdul Hadi Target Rp1 Juta
Salah satu guru sedang menandatangani pencairan insentif di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan (ANTARA)

Bagikan:

KALSEL - Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menaikan insentif para guru honorer tingkat SD sederajat, SMP sederajat serta TK/PAUD. Honor guru yang semula Rp700 ribu, sekarang menjadi Rp800 ribu tipa bulannya. 

"Alhamdulillah hari ini telah kami serahkan insentif secara simbolis yang diwakili para guru honorer dari Kecamatan Paringin dan Kecamatan Paringin Selatan, meskipun di tengah kondisi keuangan daerah yang mengalami defisit akibat pandemi COVID-19," kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Antara, Senin, 4 Oktober. 

Menaikkan insentif bertujuan meningkatkan kesejahteraan tenaga pengajar yang bukan kontrak daerah pada sekolah SMP sederajat, SD sederajat, TK dan PAUD.

"Ke depan sambil melihat pertumbungan ekonomi dan APBD kita, insyaallah secara bertahap akan kita naikkan sampai masa akhir jabatan kami menjadi Rp1 juta perbulan," jelasnya.

Dengan kenaikan tersebut, bupati berharap dapat memacu semangat mengajar para guru sehingga generasi emas kelak tercipta.

Sementara itu, Guru PAUD Terpadu Harapan Kita Desa Sumber Rezeki, Kecamatan Juai, Aribudi Priyanti mengungkapkan rasa syukurnya atas kenaikan insentif yang mereka terima dalam pertiga bulan sekali tersebut.

"Kami sangat berterimakasih kepada kepala daerah dalam hal ini Bupati Balangan, yang telah mewujudkan visinya yaitu mensejahterakan tenaga pendidik dengan menaikkan insentif kami," ungkapnya.

Hanya Aribudi berharap pencairan insentif per 3 bulan ini dirubah menjadi tiap bulan sekali. "Kami sangat berharap insentif ini cair perbulan bukan pertiga bulan, karena kami para guru PAUD penghasilannya hanya dari situ saja. Memang ada juga dari perjalanan dinas tetapi jarang," demikian.