Pastikan PON Papua Aman, Mahfud MD: Semua Diantisipasi Secara Berlapis
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian (Foto: Humas Kemenko Polhukam)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan PON XX dan Peparnas XVI di Papua akan berjalan lancar. Apalagi, saat ini panitia terus melakukan persiapan akhir.

Hal ini disampaikannya saat melakukan pemantauan akhir, di stadion Lucas Enembe Kabupaten Jayapura sekaligus menyaksikan gladi resik pembukaan PON XX, Kamis, 30 September kemarin.

"Saya bersama Bapak Menteri dalam Negeri melakukan pengecekan terakhir dan melihat persiapan akhir yang dilakukan oleh panitia. Semua berjalan baik," kata Mahfud dalam keterangan tertulis yang diterima wartawand di Jakarta, Jumat, 1 Oktober.

Dia mengatakan, berdasarkan laporan Pangdam dan Kapolda, sudah banyak cabang olahraga yang mulai bertanding sejak 22 September kemarin. Kata Mahfud seluruh kegiatan ini berjalan lancar mengingat pengaman secara berlapis telah dilakukan.

"Insyaallah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak serem gitu, karena ini pesta olahraga," tegas eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

Mahfud berpesan aparat keamanan dapat bekerja maksimal sehingga PON dapat dibuka dengan lancar, aman, dan sesuai protokol kesehatan. Apalagi, nantinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir langsung dalam acara tersebut.

Sementara untuk masyarakat, dia meminta mereka mendukung terus kegiatan pesta olahraga tersebut.

"Saya mengimbau masyarakat mendukung acara ini, aparat TNI Polri, Pemda, supaya semuanya bekerja dengan sebaik-baiknya," ungkap Mahfud.

Terakhir, ia juga memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan baik. "Saya sudah mendapat laporan, kemudian melihat sendiri lokasi-lokasi dan apa yang sudah berjalan dalam beberapa hari terakhir ini. Semua berjalan baik dan Insyaallah akan tetap baik, itu kalau dari sudut keamanan. Kalo dari segi acaranya juga sudah sangat memadai," ujarnya.

Sebagai informasi, Menko Polhukam Mahfud MD melakukan pemantauan keamanan dan penerapan protokol kesehatan di beberapa venue PON Papua XX. Selain itu, dia bersama Menteri dalam Negeri Mahfud memberikan arahan kepada seluruh jajaran aparat TNI-Polri di Resimen Induk Kodam XVII Cendrawasih yang juga dihadiri Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan tiba di Jayapura Jumat sore nanti untuk melaksanakan serangkaian kegiatan. Selain akan membuka secara resmi PON dan Peparnas di Jayapura, Presiden direncanakan juga akan mengunjungi Pos Perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Distrik Sota, Kabupaten Merauke.