PON dan Peparnas Papua Tetap Digelar di Tengah Pandemi COVID-19, Mahfud MD Jelaskan Alasannya
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Twitter @mohmahfudmd)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah tetap melaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di tengah pandemi COVID-19 untuk mendorong kemajuan di Papua.

Hal tersebut disampaikannya saat berdialog dengan tokoh Papua yang membahas persiapan pelaksanaan PON dan Peparnas yang digelar secara daring pada Selasa, 7 September.

"Kita ingin di Papua ini terjadi pesta olahraga yang mendorong kemajuan kita bersama. Presiden sendiri yang menyatakan PON ini harus sukses, antisipasi semua persoalan dan persiapkan semua kebutuhan," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Rabu, 8 September.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengatakan dirinya akan bertolak ke Papua pada pekan ini. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan persiapan PON berjalan lancar dan aman sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2021.

Ia juga mengatakan PON dan Peparnas ini digelar sebagai bukti negara hadir di Papua seperti di wilayah lain. "Kita maju bersama torang bisa maju bersama," tegas Mahfud mengucapkan tagline PON dan Peparnas.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang hadir mengatakan suksesnya PON dan Peparnas adalah harga diri bagi masyarakat Papua. Sehingga, mereka berharap gelaran acara ini bisa berlangsung secara aman.

"Mari kita rukun-rukun saja karena suksesnya PON ini harga diri bagi rakyat Papua, ini kepercayaan Tuhan melalui pemerintah kepada rakyat Papua yang harus dijaga baik," kata Ketua Persatuan Gereja-Gereja Papua (PGGP), Pendeta MPA Maury.

Senada, Pendeta Hiskia Rollo dari PGI Papua menyemangati agar atlet dan official dapat datang dengan nyaman. "Mari datang ke Papua, seperti datang ke rumah sendiri, dan bersukacita di tanah Papua yang damai," ungkapnya.

Berikutnya, Kiai Haji Saiful Islam Al Payagedari dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua berharap PON dan Peparnas ini bisa jadi momentum pembawa kemajuan.

"Supaya kita maju berkembang sama dengan daerah-daerah yang lain. Jangan gamang dengan kejadian-kejadian di tempat lain, Papua Barat itu jauh, kita semua berharap agar PON berjalan lancar," pungkasnya.