Lodewijk Atau Kahar Muzakir jadi Pimpinan DPR? Bakumham Golkar: Paling Telat Besok Diajukan Airlangga
Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Partai Golkar, Supriansa (Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Partai Golkar, Supriansa mengatakan, Ketua Umum Airlangga Hartarto akan segera mengumumkan sosok pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR.

"Kalau rampung sore ini, maka saya rasa partai Golkar tidak akan berlama-lama (umumkan, red) kekosongan posisi Pak Azis. Paling telat mungkin besok sudah diajukan namanya oleh Pak Ketua Umum Partai Golkar," ujar Supriansa di Gedung DPR, Senin, 27 September. 

Anggota Komisi III DPR itu menekankan, Airlangga akan mencari sosok terbaik dengan berbagai pertimbangan-pertimbangan yang ada di Fraksi Partai Golkar DPR.

"Partai Golkar ini partai lama, partai yang matang, tentu sangat berhati-hati dengan berbagai sudut pandang yang diperhatikan oleh bapak ketua umum dalam rangka menunjuk pengganti Bapak Azis Syamsudin," jelas Supriansa. 

Menyinggung soal menguatnya nama Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Supriansa mengakui memang menjadi perhatian Airlangga. Namun, ia enggan menyebut secara pasti bahwa Lodewijk bakal terpilih menjadi pimpinan DPR. 

"Ya karena memiliki banyak kelebihan. Kader-kader lain juga memiliki kira-kira kemampuan yang sama dengan pak Sekjen," ungkapnya. 

Selain Lodewijk muncul pula nama Adies Kadir dan Kahar Muzakir. Tapi, Supriansa lagi-lagi enggan memastikan nama yang bakal keluar sebagai pengganti Azis. 

"Banyaklah kalau di Partai Golkar, Ya doakan semoga siapa nanti disebutkan dalam surat keputusan bapak Ketua Umum Partai Golkar, Pak Airlangga, maka itulah yang terbaik dari Golkar, terbaik untuk bangsa dan negara," katanya. 

Pastinya, kata dia, kriteria pimpinan DPR baru dari Golkar adalah yang memiliki kemampuan di bidang yang ditempati Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR bidang Koordinator Politik dan Keamanan.

"Saya rasa Pak Sekjen posisi seperti itu dan yang lain tokoh Golkar juga sama, memiliki posisi yang bisa diterima semua pihak," pungkas Supriansa. 

Diketahui, ada 3 nama yang menguat menjadi calon wakil ketua DPR dari Golkar. Pertama, Letnan Jenderal (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus. Ia adalah Sekjen Partai Golkar yang duduk sebagai anggota Komisi I DPR RI. 

Kedua, Kahar Muzakir. Saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR RI dan pernah menjadi wakil ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Kahar juga pernah bertukar posisi dengan Azis Syamsuddin saat menjadi Ketua Badan Anggaran (Banggar) dan Ketua Komisi III DPR.

Ketiga, Adies Kadir. Sekretaris Fraksi Partai Golkar itu kini duduk sebagai pimpinan Komisi III DPR RI yang membidangi soal hukum.