PKL yang Belum Terima Bansos dari Kemensos, Bisa Dapat Uang Tunai Rp1,2 Juta dari Kepolisian
Petugas melakukan pendatan terhadap penerima bantuan/ Foto: Rizky Sulistio

Bagikan:

JAKARTA - Pedagang kaki lima (PKL) dan warung di wilayah Jakarta Barat mendapatkan bantuan tunai dari Polres Metro Jakarta Barat. Bantuan senilai Rp1,2 juta ini diberikan langsung khusus untuk para pedagang.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, target pemberian manfaat diberikan kepada 4.400 PKL yang ada di Jakarta Barat.

"Saat ini kita baru 50% dari target sudah kita jaring, kita verifikasi. Tinggal proses pemberian secara bertahap. Karena kalau langsung kerumunan, maka hari ini per 150 orang kita lakukan," katanya saat dihubungi VOI, Selasa 21 September.

Ady menjelaskan, verifikasi pendataan para PKL itu dilakukan oleh petugas kepolisian yang langsung datang ke lokasi tempat PKL berjualan. 

Ia juga memastikan, ribuan data calon penerima itu belum pernah mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Oh iya jadi tidak ada duplikasi (data), ini yang belum dapat Bansos dari Kemensos sehingga tidak ada duplikasi, makanya kita verifikasi," katanya.

Kapolres mengatakan, dari 4.400 data PKL yang terverifikasi itu, dapat bertambah sesuai dengan situasi dan kondisi serta dukungan penambahan anggaran.

“Kita terus lakukan pengecekan di lapangan, mungkin ada yg belum terakomodir akan kita akomodir," katanya.