Daftar Bansos yang Cair Januari 2024, Masyarakat Segera Cek!
Bansos yang cair Januari 2024 (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah akan membagikan bantuan sosial di awal tahun sebagai komitmen mendukung kesejahteraan masyarakat miskin di Indonesia. Berdasarkan Buku Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL), anggaran dari Kemensos untuk program bansos sebesar Rp79,19 triliun. Lantas apa saja bansos yang cair Januari 2024?

Penetapan anggaran untuk program bansos didasari dari keputusan Presiden Jokowi yang berencana menghapus kemiskinan ekstrem pada 2024 mulai Maret 2023 sebanyak 1,12% dari total penduduk. Dana bansos naik dari perkiraan atau outlook anggaran Kementerian Sosial (Kemensos) pada tahun 2023 yang hanya Rp77,33 triliun. 

Ada 5 jenis bansos yang akan disalurkan pada awal tahun ini. Masyarakat pun perlu menyimak apa saja bansos yang cair Januari 2024 untuk bisa memanfaatkannya secara baik. 

Jenis Bansos yang Cair Januari 2024

Mayoritas anggaran dari Kementerian Sosial untuk tahun 2024 diarahkan bagi program perlindungan sosial. Untuk terus melanjutkan program pencairan bansos dari tahun lalu ke tahun ini, pemerintah menyiapkan sejumlah bansos yang akan dibagian pada awal tahun ini. 

Lima jenis bansos yang cair pada Januari 2024 yaitu BPNT, PKH, El Nino, hingga KJP Plus. Untuk mengetahui apakah nama Anda termasuk penerima bansos, bisa cek melalui laman vekbansos.kemensos.go.id. 

Berikut ini daftar bansos yang akan cair pada Januari 2024 yang perlu masyarakat ketahui:

Bansos PKH

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) memasuki tahap 1 untuk periode pencairan bulan Januari. Sejumlah penerima bansos ini sudah mencairkan jatah bantuannya melalui kartu KKS ATM Merah Putih bank Himbara seperti BNI, BRI, BSI, dan Bank Mandiri.

Masyarakat yang akan menerima bansos PKH yakni yang namanya sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Berikut ini  rincian besaran Bansos PKH 2023:

  • PKH balita usia 0-6 tahun akan memperoleh bantuan uang tunai sebesar Rp750 ribu. 
  • PKH siswa Sekolah Dasar akan memperoleh bantuan uang tunai Rp225 ribu. 
  • PKH siswa SMA akan mendapatkan bantuan uang tunai Rp500 ribu.
  • PKH ibu hamil dan masa nifas akan mendapat bantuan uang tunai Rp750 ribu.
  • PKH lansia umur 70 tahun ke atas akan memperoleh bantuan uang tunai Rp600 ribu.
  • PKH disabilitas akan mendapat bantuan uang tunai Rp600 ribu.

Bansos BPNT

Bansos BPNT memasuki pencairan pada Januari 2024. Dana bantuan sudah dicairkan dan masih akan terus dibagikan kepada seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara merata. 

Penerima bantuan BPNT adalah mereka yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos RI dan ditetapkan sebagai penerima dana bansos PKH dan BPNT. Untuk program bantuan sosial ini, penerima BPNT akan memperoleh uang sebesar Rp400 ribu dari Kemensos RI. 

Bansos Beras Bulog 10 Kg

Bansos beras disalurkan di bulan Desember adalah bansos beras 10 kg untuk periode bulan Januari 2024. Masyarakat yang menerima bansos beras ini adalah mereka yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos PKH oleh Kemensos RI serta masuk data di DTKS. Program bansos beras ini dibagikan melalui kantor pos atau tempat yang jadi rujukan di wilayah masing-masing penerima. 

Bansos BLT El Nino

Bansos BLT El Nino diberikan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak fenomena alam El Nino. Masyarakat yang menerima bansos BLT El Nino 2024 akan memperoleh uang sebesar Rp200 ribu. 

Untuk menerima bansos BLT El Nino, masyarakat harus sudah terdaftar di DTKS Kemensos RI. Bansos ini akan dicairkan dua bulan sekaligus, sehingga penerima bisa mendapatkan uang sebesar Rp400 ribu. 

KJP Plus Tahap 1 Tahun 2024

Pemerintah juga menyalurkan program bantuan sosial Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus. Program dari Pemprov DKI Jakarta ini disediakan untuk membantu biaya pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan sederajat. 

KJP Plus Tahap 1 tahun 2024 sudah mulai cair pada November lalu dan akan dilanjutkan di Desember 2024 ini. Penerima bantuan ini akan mendapatkan uang tunai mulai dari Rp135 ribu sampai Rp450 ribu yang tertinggi. Bansos ini dicairkan melalui rekening Bank DKI setiap KPM siswa penerima. 

Demikianlah sejumlah bansos yang cair Januari 2024 sebagai program pemerintah untuk menghapus kemiskinan. Masyarakat yang menjadi penerima bansos-bansos di atas perlu aktif memantau kabar atau perkembangan kebijakannya. Baca juga BLT El Nino cakup 18,8 juta KPM

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.