Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai 2024, Cek Kriteria Penerimanya
Bantuan pangan non tunai (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menjadi salah satu bansos yang digelontorkan oleh pemerintah kepada masyarakat miskin. Bansos ini merupakan inisiatif strategis pemerintah Indonesia dalam membantu keluarga yang menghadapi kesulitan ekonomi. 

BNPT termasuk salah satu bansos yang dikucurkan oleh pemerintah pada awal 2024. Melalui program ini, pemerintah tidak hanya menyalurkan bantuan pangan secara langsung, namun juga sebagai upaya untuk mengatasi kemiskinan di tanah air. 

Pemerintah mempercepat proses penyaluran BPNT di awal tahun ini. Proses pencairan dilakukan dengan pemindahan dana ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) lewat Bank Himbara yang meliputi BRI, BNI, BSI, dan Mandiri. Lantas seperti apa kriteria penerima bantuan pangan non tunai?

Apa Itu Bantuan Pangan Non Tunai?

Dilansir dari laman OJK, Bantuan pangan non tunai atau BPNT awalnya bernama program raskin. Kemudian pemberian bansos raskin ini diganti menggunakan kartu elektronik yang didistribusikan langsung kepada keluarga penerima. Bantuan dan subsidi akan diberikan secara non tunai melalui sistem perbankan. 

BPNT diberikan sebagai program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar. Penyaluran bansos secara non tunai dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, dan tepat dalam hal administrasi. 

Kartu elektronik yang dimaksud dalam program bansos BPNT dapat digunakan untuk memperoleh bahan pokok, seperti beras, telur, minyak, dan sebagainya. Masyarakat bisa memanfaatkan bantuan untuk membeli kebutuhan pokok di warung, pasar, toko, dan sebagainya sesuai harga yang berlaku. 

Penyaluran Bansos BPNT 2024

Pemberian bansos BPNT kepada masyarakat telah mencapai tahap standing instruction (SI). Status penyaluran tersebut menunjukkan bahwa dana sedang dalam proses pemindahan dari pemerintah ke kartu KKS. 

Besaran bantuan pangan non tunai yang dicairkan yakni Rp200 ribu per bulan bagi setiap keluarga penerima manfaat (KPM). Pemberian BPNT tahap pertama mencakup bulan Januari, Februari, dan Maret. 

KPM akan mendapat total Rp600 ribu BPNT dalam satu kali penyaluran.Pencairan BPNT dilakukan bakal dilakukan pada setiap bulan selama satu tahun penuh. Jadwal penyaluran bansos bisa berbeda-beda di tiap daerah menyesuaikan kebijakan dari pemerintah daerah masing-masing. 

Kriteria Penerima Bansos BPNT

Pemerintah menetapkan sejumlah kriteria bagi masyarakat yang termasuk penerima bantuan pangan non tunai. Penerima BPNT yakni warga negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kartu tanda penduduk (KTP) dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. 

Bagi keluarga yang belum terdaftar di DTKS, dihimbau untuk memastikan agar tidak terlewat dari program bansos BPNT. Masyarakat yang terdaftar sebagai penerima, KPM akan mendapat bantuan dana BNPT sejumlah 2,4 juta untuk satu tahun yang disalurkan melalui rekening KKS. 

Berikut ini sejumlah kriteria masyarakat atau keluarga penerima BPNT:

  • Warga negara Indonesia dengan identitas resmi (KTP)
  • Keluarga yang berada dalam kategori ekonomi miskin
  • Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Tidak terafiliasi dengan PNS, TNI, Polri, atau karyawan BUMN/BUMD

Cara Mengecek Penerima BPNT 2024

Mungkin sebagian masyarakat belum tahu apakah dirinya termasuk sebagai penerima BPNT 2024. Masyarakat diharapkan untuk mengecek status terdaftar atau tidaknya namanya sebagai penerima bansos ini. 

Masyarakat bisa mengecek kelayakan sebagai penerima bansos BPNT melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan buka laman cekbansos.kemensos.go.id
  2. Kemudian masukkan alamat sesuai keterangan di KTP Anda
  3. Masukkan juga nama lengkap sesuai di KTP
  4. Lanjut isi kode captcha yang ditampilkan di layar
  5. Lalu klik ‘Cari Data’ untuk melihat hasil pencarian
  6. Laman akan menunjukkan status apakah Anda termasuk dalam penerima bansos atau tidak

Demikianlah informasi bantuan pangan non tunai 2024 yang perlu diketahui oleh masyarakat. BPNT diberikan sebagai langkah pemerintah untuk membantu perekonomian keluarga miskin. Baca juga daftar bansos yang cair awal tahun. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.