Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban Boleh Dilaksanakan Asal di Lingkungan Terbatas
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Dokumentasi Humas Kemenkopolhukam)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan, salat Iduladha dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban boleh dilakukan di lingkungan terbatas. 

Namun dia mengingatkan masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk mencegah penularan COVID-19.

"Silakan ber-Hari Raya dengan khusyuk sesuai dengan syariah kualitasnya, tetapi tetap perhatikan protokol kesehatan yang ditentukan oleh negara supaya bisa dilakukan," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Juli.

Pelaksanaan salat Iduladha, kata eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini boleh dilakukan di tempat tertentu seperti masjid, lapangan, maupun di sekolah ataupun kompleks perumahan. Tapi, lanjutnya, pelaksanaan salat dan pemotongan hewan kurban ini harus dilaksanakan di wilayah yang warganya dekat dan saling mengenal.

Hal ini, sambung Mahfud, sebenarnya bertujuan untuk memudahkan pelacakan riwayat kontak ketika terjadi penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat tersebut. 

"Jadi bisa dilakukan di tempat atau jumlah jemaah terbatas yang misalnya saling kenal, kalau bisa yang hadir di situ saling kenal sehingga kalau ada sesuatu saling tahu dari mana sumbernya," tegasnya.

Di sisi lain, pemerintah telah siap dalam pelaksanaan perayaan Iduladha di tengah pandemi COVID-19. Mahfud mengatakan, sejumlah menteri telah rapat terkait persiapan Iduladha.

Menteri Agama Fachrul Razi misalnya, telah menyiapkan sejumlah protokol peribadahan yang praktis, aman, dan tak mengurangi ketentuan agama. Selanjutnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kata Mahfud, telah menyiapkan transportasi yang aman.

"Selanjutnya, Kapolri sudah menyiapkan berbagai program untuk pengamanan mengatasi berbagai tindak kriminal dan kejahatan terorisme misalnya. Menteri Perekonomian menyiapkan bahan-bahan pokok yang diperlukan. Menteri pertanian juga melaporkan ketersediaan hewan kurban," pungkasnya.