Gelombang Tiga COVID-19 Diprediksi Desember, DPR: Perlu Kesiapan Infrastruktur Percepat Vaksinasi
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tren kasus harian COVID-19 di Indonesia sudah menurun. Namun, diprediksi gelombang ketiga Corona akan terjadi pada akhir Desember nanti.

Komisi IX DPR pun mengingatkan pemerintah agar mempersiapkan diri menghadapi gelombang ketiga COVID-19. Salah satunya, dengan mempercepat laju vaksinasi nasional.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh, mengungkapkan saat ini vaksinasi sudah mulai merata di seluruh Indonesia. Namun, kata dia, ada beberapa jenis vaksin yang sulit didistribusikan ke luar daerah Jawa.

Karena itu menurutnya, perlu kesiapan daerah dalam hal pemenuhan infrastruktur untuk mendukung percepatan pemerataan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

“Seperti vaksin Pfizer dan Moderna. Dikarenakan proses distribusinya harus pada suhu minus 50 (derajat, red), jika dibawa ke beberapa daerah hanya akan bertahan beberapa minggu. Itu tantangan bagi kita, infrastruktur dalam pendistribusian," ujar Nihayatul kepada wartawan, Senin, 20 September.

Ninik, sapaannya, menilai pandemi yang hampir dua tahun melanda Indonesia ini juga sekaligus menjadi momentum pemerintah untuk meninjau ulang kondisi sarana pendukung kesehatan di tanah air.

"Baik itu tenaga kesehatan, alat kesehatan hingga vaksinasi agar ke depannya dapat berjalan dengan baik," katanya.