Kini Palang Pintu Kereta Api Terpasang di Ayahanda Medan Petisah, Bobby Nasution Ingin Cegah Maraknya Kecelakaan
Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan palang pintu perlintasan KA di Medan Petisah (DOK Instagram bobbynst)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Medan Bobby Nasution meresmikan palang pintu perlintasan Kereta Api (KA) di Jalan Ayahanda, Kecamatan Medan Petisah. 

Penekanan tombol sirine sekaligus penurunan palang pintu menjadi tanda jalur perlintasan kereta api tersebut kini telah memiliki palang pintu. 

Pengadaan palang pintu tersebut merupakan hasil kolaborasi Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan dengan PT KAI, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara serta RSU Royal Prima. 

Diharapkan, palang pintu tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekaligus meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi. 

Dikutip dari keterangan Dinas Kominfo Pemko Medan, Jumat, 17 September, Bobby Nasution mengatakan fungsi utama palang pintu perlintasan tersebut adalah untuk keselamatan. Selain itu, sebagai pertanda adanya kereta api yang akan melintas di jalur tersebut. 

Didampingi Kadishub Kota Medan Iswar Lubis, Bobby Nasution mengungkapkan, selama ini jalur perlintasan tersebut memang tidak dilengkapi dengan palang pintu. 

Hanya saja, ada beberapa pembatas besi sehingga tidak memungkinkan kendaraan besar seperti mobil melintas. Namun, sepeda motor masih dapat melewati sela-sela pembatas

Palang ini dilengkapi dengan sirine tanda kereta akan lewat. Pembatas jalan juga sudah dibuka dan kini mobil sudah bisa melewati jalan tersebut.

Sebelumnya, Kadishub Kota Medan Iswar Lubis menuturkan, perlintasan kereta api tersebut hanya ditutup secara manual. Peringatan Harhubnas menurutnya menjadi momentum untuk menghadirkan palang pintu perlintasan secara resmi. 

Seluruh perlengkapan dan peralatan, termasuk petugas penjaga pos, jelasnya, berasal dari Pemko Medan melalui Dishub Kota Medan. Iswar pun berharap, palang pintu perlintasan yang ada dapat menjaga keselamatan pengguna jalan dan aksesibilitas masyarakat terpenuhi.