FamilyMart Akan Dikendalikan Perusahaan Tambang
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Konglomerasi asal Jepang Itochu Corp, akan melakukan pembelian 100 persen saham dari FamilyMart Co. Itochu, yang memiliki core business (bisnis inti) di bidang pertambangan dan energi ini, nantinya akan menjadi pengendali penuh FamilyMart Co.

Dikutip dari Nikkei, Kamis 9 Juli, Itochu akan menggelontorkan 581 miliar yen atau setara 5,4 miliar dolar AS untuk melancarkan aksinya tersebut. Sebelumnya Itochu, memiliki 50,1 persen saham di jaringan toko terbesar kedua di Jepang itu.

Itochu menawarkan untuk membeli saham FamilyMart di harga sebesar 2.300 yen per saham. Angka ini tergolong di harga premium karena lebih tinggi 31 persen dari harga penutupan saham FamilyMart, Selasa 9 Juli. 

Rencananya, tender offer atau proses penawaran dan pembelian akan berjalan mulai 9 Juli hingga 24 Agustus. Itochu pun berharap dapat mengusai FamilyMart secara penuh setelah semua prosesnya usai.

FamilyMart, yang memiliki lebih dari 16.000-an outlet di seluruh Jepang ini pun kabarnya mendukung terhadap rencana Itochu tersebut. Rencana besar Itochu ini dilakukan guna dapat bersaing dengan 7-Eleven, bagian dari raksasa ritel Seven & i Holdings, dan Lawson Inc, yang dimiliki oleh Mitsubishi Corp.

Toko-toko ritel yang berada di Jepang tersebut memang menawarkan segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan bento yang sudah dibuat hingga kaus kaki dan pakaian dalam. Namun mereka telah menghadapi pertumbuhan yang lebih lambat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu dipengaruhi pola belanja konsumen yang lamban, dan industri ini juga bergulat dengan kekurangan pekerja, dan ketatnya persaingan penjual makanan.

Dengan kepemilikan penuh atas FamilyMart ini, core business Itochu kemungkinan akan bergeser dari awalnya pertambangan dan energi menjadi ke sektor food and beverages atau konsumsi. Sektor konsumsi dianggap Itochu menawarkan lebih banyak stabilitas serta peluang untuk berekspansi jenis usaha makanan lainnya. 

Hal ini sejalan dengan langkah Itochu sebelumnya yang mengakuisisi produk segar Asia Dole Food Company.

Meski demkikian, setelah nanti menguasai 100 persen saham FamilyMart Co, Itochu akan menjual 4,9 persennya ke Norinchukin Bank seharga 57 miliar yen dan akan mempertahankan kepemilikan 94,7 persen saham.

Pandemi COVID-19 sebenarnya memukul para peritel di seluruh dunia. Namun, kehadiran toko serba tetap menjadi primadona bagi konsumen yang tetap membutuhkan barang yang digunakan sehari-hari.