Jokowi Dikabarkan Bakal Reshuffle dalam Waktu Dekat, Anak Buah Prabowo Dinilai Berpeluang Jadi Menteri
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Kabinet RI)

Bagikan:

JAKARTA - Isu reshuffle kabinet dikabarkan bakal terjadi dalam waktu dekat. Wacana ini dihembuskan relawan Jokowi Mania (JoMan) yang menyebut perombakan kabinet akan dilakukan paling lambat pada awal Oktober mendatang.

Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, menilai ada beberapa menteri yang bakal dicopot Presiden Jokowi dan diganti dengan wajah baru.

Ada nama baru yang dijagokan dalam perombakan kabinet mendatang, yakni Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Bahkan, anak buah Prabowo Subianto ini diramal akan menempati posisi menteri koordinator.

"(Sufmi Dasco Ahmad) pantas jadi Menko Polhukam karena pengalaman politik dan hukumnya," ujar Jerry, dalam keterangannya, Minggu, 12 September.

Diketahui, saat ini Dasco merupakan Wakil Ketua DPR Koordinator bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekkeu) dan menjadi Ketua Satgas Lawan COVID-19 DPR RI.

Ketua Harian Partai Gerindra itu juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dan pernah ditugaskan di Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum. 

Kendati demikian, Jerry mengatakan bahwa urusan reshuffle kabinet sepenuhnya adalah hak prerogatif Jokowi selaku presiden. Namun, kata dia, menteri baru Jokowi harus memiliki kecakapan dan berintegritas serta tegas.

"Tentu saja siapapun nama yang disodorkan yang menentukan Presiden Jokowi," kata Jerry.

"Usul saya, sebelum memilih menteri sebaiknya dilakukan jejak pendapat kepada masyarakat siapa saja nama-nama yang pantas menjadi menteri," tambahnya.