Kinerja Jokowi Atasi Pandemi Dinilai Baik Versi Survei SPIN, PDIP: Indonesia Cukup Baik Dibanding Negara Lain
ILUSTRASI/PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) menyebut masyarakat menilai baik kinerja Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Merespons hal itu, politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno mengamini bahwa Indonesiadi bawah pemerintahan Jokowi memang mampu menangani COVID-19 cukup baik dibanding sejumlah negara lain.

"Ya dibanding sejumlah negara lain dengan kompleksitas yang sebanding, kita cukup baik," ujar Hendrawan, Kamis, 9 September.

Namun, anggota Komisi XI DPR itu mengingatkan Indonesia tak boleh terlena. Sebab, kata dia, masih ada kelemahan-kelemahan koordinasi dalam penanganan COVID-19.

"Pandemi masih ada di sekitar kita. Kita harus tetap waspada dan membangun sistem mitigasi risiko yang andal," kata Hendrawan.

Diberitakan sebelumnya, lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) melakukan survei terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani pandemi COVID-19. Hasilnya, mayoritas masyarakat masih menilai penanganan pandemi oleh pemerintah masih sangat baik.

"Sebagian responden, agregat 46,6 persen menjawab secara positif kinerja pemerintah," ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam rilis Temuan Survei Nasional Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024 secara daring, Rabu, 8 September.

Menurut Igor, hasil ini merupakan bentuk pencapaian yang sangat baik dalam konteks kinerja. Sebab, kata dia, tanpa banyak perlu melakukan pencitraan seperti halnya pemasangan baliho, kinerja pemerintahan tetap dipandang masyarakat sangat baik.

Meski begitu, Igor menyebut masih ada responden yang menjawab negatif soal kinerja pemerintah dalam penanggulangan pandemi sebanyak 24 persen.

"Sedangkan, sebesar 27,7 persen responden tidak melihat ada perubahan kinerja dalam menangani pandemi selama 2 tahun terakhir," jelasnya.