Survei SPIN: Masyarakat Nilai Kinerja Pemerintah Tangani Pandemi Baik
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei dari Survei & Polling Indonesia (SPIN) melakukan survei terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani pandemi COVID-19. Hasilnya, mayoritas masyarakat masih menilai penanganan pandemi oleh pemerintah masih sangat baik.

"Sebagian responden, agregat 46,6 persen menjawab secara positif kinerja pemerintah," ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam rilis Temuan Survei Nasional Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024 secara daring, Rabu, 8 September.

Menurut Igor, hasil ini merupakan bentuk pencapaian yang sangat baik dalam konteks kinerja. Sebab, kata dia, tanpa banyak perlu melakukan pencitraan seperti halnya pemasangan baliho, kinerja pemerintahan tetap dipandang masyarakat sangat baik.

Meski begitu, Igor menyebut masih ada responden yang menjawab negatif soal kinerja pemerintah dalam penanggulangan pandemi sebanyak 24 persen.

"Sedangkan, sebesar 27,7 persen responden tidak melihat ada perubahan kinerja dalam menangani pandemi selama 2 tahun terakhir," jelasnya.

Survei ini melibatkan responden sebanyak 1670 dengan kategori usia di atas 17 tahun dan digelar pada 7-21 Agustus 2021.

Teknik yang digunakan dalam sirvei ini yakni Multistage Random Sampling dengan Margin of Error kurang lebih 2,4 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.