Sempat Viral, 6 Pelaku Sekaligus Penadah Kaca Spion Curian Dibekuk Polisi
Pelaku pencurian kaca spion, Jakarta Barat/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Barat berhasil mengamankan komplotan pelaku pencurian kaca spion mobil.

"Benar, anggota kami mengamankan pelaku pencurian spion mobil yang meresahkan warga Jakbar," kata Kasatresrim Polres Metro Jakbar Kompol Joko Dwi Harsono saat dikonfirmasi VOI, Rabu 8 September.

Dalam aksinya, para pelaku tidak sendirian. Mereka membentuk sekelompok kawanan pencuri spion dengan ganti-ganti personil saat mencuri. Bahkan, mereka telah punya jaringan lainnya yakni penadah khusus barang curian.

Terpisah, Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Barat AKP Avrilendy yang memimpin proses penangkapan menyebut ada beberapa pelaku yang diperiksa.

"Untuk pelaku asli ada 6 orang," ujarnya.

Selain pelaku pencurian spion, polisi juga mengamankan penadah spion berikut barang bukti hasil kejahatan.

"Setelah pengembangan kami amankan penadah beserta beberapa bukti (spion)," katanya.

Para pelaku berikut barang bukti diamankan ke Mapolres Metro Jakbar untuk diperiksa lebih lanjut.

Sebelumnya, aksi pencurian spion terjadi di Jalan Rawa Kepa, Tomang, Jakarta Barat pada Jumat, 3 September, lalu. Aksi pencurian spion kemudian terekam kamera CCTV dan viral di media sosial salah satunya lewat instagram akun @kontributorjakarta.

Dalam rekaman CCTV terlihat dua pelaku menyantroni rumah korban, pelaku satu menunggu di luar sementara pelaku lain yang memakai sweater berwarna coklat menaiki pagar dan langsung mengambil spion sebelah kanan mobil Toyota Fortuner.