DKI Bersiap Buka Tempat Wisata dalam Waktu Dekat
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin rapat persiapan pembukaan tempat wisata di Ibu Kota malam ini. Rapat ini dilakukan setelah pemerintah pusat memperbolehkan uji coba pembukaan tempat wisata pada daerah yang menerapkan PPKM Level 3.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menyebut, rapat tersebut menghasilkan keputusan Pemprov DKI bersiap untuk membuka tempat wisata hingga taman di Jakarta. Namun, Riza menyebut waktu pembukaan belum ditentukan.

"Taman wisata nanti akan dibuka melalui uji coba. Soal kapan mulai dibuka sedang dibahas. Nanti disampaikan," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 7 September.

Riza menjelaskan, ketika tempat wisata dibuka, ada syarat yang diterapkan kepada pengunjung, mulai dari batasan usia hingga harus sudah divaksinasi.

"Anak di bawah 12 tahun belum diperkenankan. Nanti melalui online seperti aplikasi Jaki, aplikasi PeduliLindungi, harus sudah vaksin, dan lain sebagainya," ungkap Riza.

Saat ini, pengelola tempat wisata seperti Ancol dan Taman Margasatwa Ragunan juga telah bersiap selagi menunggu arahan dari Pemprov DKI terkait pembukaan kawasan mereka. Hal ini diakui oleh Humas Taman Margasatwa Ragunan Bambang Wahyudi.

"Kita secara internal sudah perpare semuanya. Perawatan sudah kita lakukan di dalam. Kalau memang instruksi sudah ada, kita sudah siap," tutur Bambang.

Diketahui, PPKM di Jawa dan Bali diperpanjang hingga 13 September dan PPKM di luar Jawa-Bali diperpanjang hingga 20 September.

Dalam perpanjangan PPKM ini, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata pada kota yang menerapkan PPKM Level 3 selama sepekan ke depan.

"Akan dilakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di kota dengan Level 3 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi platform PeduliLindungi," ungkap Luhut.

Terkait