Duta Besar Jerman untuk China Meninggal saat Baru Menjabat: Kanselir Angela Merkel Berduka, Beijing Janji Membantu
Ilustrasi bendera Jerman dan Uni Eropa dikibarkan setengah tiang. (Twitter/@HeikoMaas)

Bagikan:

JAKARTA - Duta Besar Jerman untuk China yang baru diangkat, Jan Hecker, telah meninggal, kantor luar negeri negara itu mengumumkan dalam sebuah pernyataan.

"Dengan kesedihan dan kekhawatiran yang mendalam kami mendengar kematian mendadak duta besar Jerman untuk China, Prof. Dr. Jan Hecker, yang dialami," kata Kantor Luar Negeri Federal Jerman, Senin, mengutip Euronews Senin 6 September.

"Saat ini, pikiran kami bersama keluarganya dan orang-orang yang dekat dengannya," sambung pernyataan tersebut

Kendati demikian, pernyataan tersebut tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang di mana atau bagaimana Hecker (54) meninggal.

Menurut biografinya di situs web mereka, Hecker berstatus menikah dengan tiga anak. Ia diangkat sebagai Duta Besar Jerman untuk China pada Bulan Agustus.

Hecker sebelumnya bekerja sebagai koordinator kebijakan pengungsi Kanselir Jerman Angela Merkel dari 2015 hingga 2017. Kemudian, ia menjabat sebagai penasihat kebijakan luar negeri Kanselir Jerman.

Jauh sebelumnya, Hecker bekerja sebagai pengacara dan hakim, sekaligus berkarir di kementerian dalam negeri.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, kematian Hecker yang lama bekerja bersamanya telah mengguncang dirinya.

"Saya berduka atas penasihat lama yang sangat terhormat dari kemanusiaan yang mendalam dan keahlian yang luar biasa," sebut Kanselir Markel.

"Saya memikirkan kerja sama kami dengan rasa terima kasih dan saya senang telah berhubungan erat dengannya selama bertahun-tahun. Belasungkawa terdalam saya sampaikan kepada istri, anak-anak, dan orang-orang terkasihnya atas penderitaan mereka yang tak terukur," sambung Kanselir Merkel dalam sebuah pernyataan.

Terpisah, juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin menyampaikan belasungkawa terkait wafatnya Hecker, dalam briefing media reguler harian.

"Kami terkejut mengetahui tentang kematian mendadak Duta Besar Hecker, yang telah bekerja secara aktif untuk mempromosikan hubungan China-Jerman sejak menduduki jabatannya," sebutnya, mengutip Reuters.

"China akan memberikan bantuan kepada keluarga Hecker dan kedutaan," sambung Wang Wenbin. Sementara itu, Bendera Jerman dan Uni Eropa berkibar setengah tiang pada hari Senin di Kedutaan Besar Jerman di Beijing.

Hecker tampak bahagia dan baik-baik saja ketika menjadi pembawa acara tentang seniman Jerman Joseph Beuys di rumahnya di Beijing Jumat lalu, kata seorang tamu di acara tersebut.

Untuk diketahui, Hecker telah tiba di China pada 1 Agustus, kata kedutaan, dan seperti semua kedatangan akan diminta untuk menghabiskan waktu di karantina. Ia menyerahkan surat kepercayaan kepada Pemerintah China pada 24 Agustus lalu.