Terpilih Sebagai Kanselir Jerman, Olaf Scholz Akhiri 16 Tahun Era Pemerintahan Angela Merkel
Kanselir Jerman Olaf Scholz. (Wikimedia Commons/Olaf Kosinsky/kosinsky.eu)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Parlemen Jerman memilih Sosial Demokrat Olaf Scholz sebagai kanselir Jerman pada hari Rabu, mengakhiri 16 tahun pemerintahan konservatif di bawah Angela Merkel dan membuka jalan bagi pemerintah koalisi pro-Eropa yang telah berjanji untuk meningkatkan investasi hijau.

Scholz yang sebelumnya menjabat sebagai wakil rektor dan menteri keuangan dalam koalisi dengan Merkel, mendapat mayoritas 395 suara dari anggota parlemen di Majelis Rendah Parlemen Bundestag, kata Presiden Bundestag Baerbel Bas, mengutip Reuters 8 Desember.

Mengenakan masker wajah warna hitam, Olaf Scholz melambaikan tangan saat menerima tepukan meriah dari anggota parlemen, diikuti pemberian karangan bunga dan sekeranjang apel dari para pemimpin kelompok parlemen.

Berpegang pada prosedur demokrasi yang diabadikan dalam Hukum Dasar Jerman, Scholz secara resmi dicalonkan oleh Presiden Frank-Walter Steinmeier di Istana Bellevue di dekatnya, sebelum kembali ke parlemen untuk mengambil sumpah jabatan di depan anggota parlemen. Mengutip AFP, Scholz mengambil sumpah jabatan dipimpin oleh Bas.

Pada sore hari, Merkel secara resmi menyerahkan kanselir kepada pemimpin negara yang menghadapi gelombang keempat infeksi virus corona yang brutal, serta tantangan terhadap tatanan demokrasi oleh pemerintah otoriter.

Dengan sikapnya yang bersahaja dan tanpa basa-basi, Scholz telah memposisikan dirinya sebagai penerus alami Merkel dan sepasang tangan yang aman untuk mengarahkan Jerman melalui tantangan mulai dari mengatasi krisis iklim, hingga berurusan dengan Rusia yang lebih konfrontatif dan China yang semakin tegas.

Scholz akan memimpin koalisi penguasa tiga arah yang belum pernah terjadi sebelumnya di tingkat federal dengan pendukung pembelanjaan, Partai Hijau dan libertarian Free Democrats (FDP) (FDP) yang lebih konservatif secara fiskal, teman politik yang tidak mungkin di masa lalu.

Diketahui, Scholz adalah negosiator berpengalaman dan politisi veteran yang menjabat sekretaris jenderal partai SPD dari 2002 hingga 2004, membela reformasi pasar tenaga kerja yang kontroversial dan pemotongan kesejahteraan sosial di bawah mantan Kanselir Gerhard Schroeder.

Sebagai menteri tenaga kerja 2007-2009 dalam koalisi berkuasa pertama Merkel, Scholz mendorong skema kerja jangka pendek yang membantu melindungi jutaan pekerja dari dampak krisis keuangan global.

Setelah menjadi walikota kota pelabuhan utara Hamburg dari 2011-2018, Scholz kembali ke Berlin sebagai menteri keuangan Merkel, peran di mana ia menyingkirkan tujuan anggaran berimbang dan memungkinkan rekor pinjaman baru untuk melindungi perusahaan dan karyawan dari dampak pandemi virus corona.

Di tingkat Eropa, ia bekerja sama dengan Prancis dan membujuk Merkel untuk mendukung Dana Pemulihan Eropa yang dibiayai utang senilai 800 miliar euro (900 miliar dolar AS), untuk membantu negara-negara anggota UE yang paling terpukul oleh COVID-19.