Anies Baswedan Singgung 6 Fenomena Pascapandemi yang Harus Dihadapi, Termasuk Kurangnya Interaksi Sosial
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan sambutannya saat hadir di U20 Mayors Summit 2021 (Foto: ppid.jakarta.go.id)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung enam fenomena yang terjadi setelah adanya pandemi COVID-19 dan harus dihadapi bersama oleh pemimpin kota U20. Salah satu fenomena tersebut adalah kurangnya interaksi sosial yang mempengaruhi kesehatan mental penduduk.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri U20 Mayors Summit 2021 bersama pemimpin G20 yang dilangsungkan secara daring pada Jumat, 3 September.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan DKI Jakarta yang jadi ibu kota negara yang tergabung dalam anggota C40 dan UCLG menyambut positif kolaborasi dalam upaya mengatasi iklim bersama kota-kota terbaik di dunia dan akan memastikan kontinuitas dalam U20 2022.

Adapun 2022 mendatang, Indonesia akan memimpin Presidensi G20 dan DKI Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan U20 dengan tema: Recover Together, Recover Stronger.

Lebih lanjut, Anies mendorong semua pemimpin kota U20 untuk berkolaborasi, bersatu, dan memperluas upaya terbaiknya untuk memenuhi target kolektif dari Perjanjian Paris dan SDGs.

"Dalam upaya ini kami juga terus akan meningkatkan integrasi vertikal dalam pembuatan kebijakan dan implementasinya dengan negara-negara sahabat," ungkap eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Sabtu, 4 September.

Selain itu, Anies juga membahas enam fenomena pascapandemi yang harus dihadapi bersama yaitu mengenai perumahan yang produktif dan terjangkau; masa depan industri perumahan di perkotaan; dan akses mobilitas yang berkelanjutan untuk untuk penduduk.

Berikutnya, hal lain adalah masa depan dunia kerja dengan adanya pengangguran secara global, serta tuntutan keahlian-keahlian baru untuk mendukung industri berwawasan lingkungan dan ekonomi digital; berkurangnya interaksi sosial yang berpengaruh terhadap kesehatan mental penduduk; dan bertambahnya jumlah yatim piatu, serta bagaimana kota dapat menjamin masa depan mereka.

Sebelumnya, Anies juga telah menghadiri U20 Mayors Summit yang diselenggarakan di Buenos Aires pada 2018, Tokyo pada 2019, dan Riyadh pada 2020 secara virtual.

Sebagai informasi, U20 adalah platform diskusi pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi kepada pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan peran kota sebagai ekonomi global dan pemimpin politik.

Pembentukan U20 yang digagas oleh Walikota Paris dan Walikota Buenos Aires pada tahun 2018. Anggota U20 berjumlah 21 kota. Sejak tahun 2019, Urban 20 tercatat sebagai Engagement Groups dalam G20.