Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kedatangan Wali Kota Rotterdam Ahmad Aboutaleb di Balai Kota DKI Jakarta. Kunjungannya ini dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan Urban 20 Mayor Summit 2022 yang digelar di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Anies menyebut dirinya dan Aboutaleb berdiskusi mengenai kesamaan tantangan yang dihadapi antara Jakarta dan Rotterdam, mulai dari kenaikan permukaan laut hingga penanganan pascapandemi.

"Hari ini saya mendapatkan kehormatan untuk menerima Ahmad Aboutaleb. Beliau adalah Wali Kota Rotterdam, sebuah kota yang memiliki kesamaan tantangan dengan kita. Kota di tepi pantai, kota dengan tantangan permukaan air laut, juga mirip dengan yang dimiliki Jakarta. Kami berdiskusi hal-hal yang menyangkut tentang tantangan hari ini, apa yang kita hadapi ke depan pascapandemi, sekaligus juga berkolaborasi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 29 Agustus.

Melanjutkan, Aboutaleb memuji perkembangan pembangunan yang telah terjadi di Jakarta. Beberapa di antaranya adalah jalur sepeda hingga Transjakarta.

"Saya ingin memberi selamat kepada Gubernur dan masyarakat atas perkembangan kota perihal kemacetan dan lingkungan kota yang semakin hijau. Saya melihat jalur sepeda, transjakarta yang berfungsi, jadi pujian yang besar atas pengendalian kota," urai Aboutaleb.

Lalu, Aboutaleb dirinya dan Anies juga membahas isu yang nanti akan diangkat pada forum U20 esok hari dengan sejumlah delegasi kota dari berbagai negara.

Sejumlah isu yang dibahas adalah krisis bahan bakar, makanan, perubahan iklim, penanganan banjir, transisi energi, lingkungan sosial serta transfotmasi sejumlah bidang seperti pendidikan dan sumber daya manusia.

"Semua itu akan dibahas dalam diskusi antargubernur sebentar lagi dan kita akan membawa itu ke presidensi G20 di bali akhir tahun ini. Di sisi lain, saya melihat kesempatan ini bisa menjadi pembelajaran lebih tentang pengembangan kota, tentang bagaimana kami memperkuat kolaborasi di antara kami," urainya.

Sebagai informasi, Provinsi DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah kegiatan Urban 20 (U20) Mayor Summit 2022 pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2022. Dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memimpin forum bersama sejumlah perwakilan kota di negara lain.

U20 Mayors Summit menjadi puncak dari forum kepemimpinan Jakarta pada U20 tahun ini. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia pada G20 Leaders Summit yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.