Pamer Indonesia Peringkat 6 Capaian Vaksinasi Dunia, Menkes: Awalnya di-<i>Bully</i> Selesai 10 Tahun
ILUSTRASI/PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memamerkan capaian vaksinasi di Indonesia yang menempati urutan 6 negara di dunia untuk jumlah orang yang sudah divaksinasi.

Berdasarkan sumber data OurWorldData per tanggal 29 Agustus 2021, Indonesia sudah melakukan vaksinasi kepada 61,22 juta orang. Ranking Indonesia berada di bawah China, India, Amerika Serikat, Brazil, Jepang, dan Jerman.

"Indonesia yang di awalnya di-bully vaksinasinya akan selesai 10 tahun itu, ya sekarang ranking ke-6 dunia untuk jumlah orang yang divaksinasi," kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Senin, 30 Agustus.

Sementara, untuk capaian total dosis vaksin yang sudah disuntikkan, Indonesia berada di peringkat 7 dunia dengan penyuntikkan 97,8 juta dosis. Indonesia berada di bawah China, India, Amerika Serikat, Brazil, Jepangm dan Jerman.

"Per hari ini tadi tadi barusan saya lihat 97,8 juta kita sudah suntikkan. Mudah-mudahan bisa mengejar Jerman," ujar Menkes Budi.

Menkes Budi menuturkan, pemerintah akan meningkatkan cakupan vaksinasi tiap harinya. Sebab, Presiden Joko Widodo menargetkan vaksinasi di Indonesia sudah tercapai 100 juta dosis sampai akhir Agustus. Lalu, kalau bisa, vaksinasi per hari bisa mencapai 2,3 juta dosis per hari.

Awalnya, mulai tanggal 13 Januari hingga 8 Juli lalu atau selama 26 minggu, pemerintah sudah melakukan vaksinasi sebanyak 50 juta dosis. Kemudian, 50 juta dosis tambahan ditargetkan akan selesai dari 9 Juli sampai 31 Agustus atau 7 minggu.

"Jadi, dari 26 minggu di 50 juta pertama, ke 7 minggu pada 50 juta kedua. Mudah-mudahan nanti kedepannya bisa setiap 5 atau 4 minggu kita tambah 50 juta dosis," tutur Budi.

Untuk target penyuntikan 2,3 juta dosis baksin per hari, Budi menargetkan hal itu akan terlaksana pada satu bulan ke depan.