Bupati Temanggung HM. Al Khadziq Minta Pabrik Rokok Besar Hargai Tembakau Petani
Bupati Kabupaten Temanggung HM Al Khadziq meminta pabrik rokok hargai hasil panen petani tembakau. (Antara)

Bagikan:

TEMANGGUNG - Bupati HM Al Khadziq mendatangi Perwakilan Gudang Garam Temanggung, ia meminta agar tembakau petani bisa dihargai dengan pantas. Soalnya kualitas panen tahun ini lebih bagus.

"Atas nama seluruh petani dan seluruh pedagang tembakau Temanggung, saya meminta harga pabrik dinaikkan lagi, agar semua pihak senang tak ada yang dirugikan," katanya dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke redaksi pada Jumat, 27 Agustus.

Hasil pemantauan Gugus Pertembakauan Temanggung di perwakilan pabrik Gudang Garam dan Djarum Kudus Kamis 26 Agustus 2021 harga pembelian tembakau grade-C berkisar di angka Rp 62.500, dengan kenaikan harga per totol (grade) sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu.

Namun menurut Bupati harga tersebut dirasa masih merugikan petani dan pedagang. Sehingga ia meminta harga dinaikkan lagi seiring dengan kualitas tembakau yang akan semakin baik lagi. Bupati mengajak seluruh petani garap tembakau murni, jangan dicampuri. Petani harus jujur dan juga agar jual ke pedagang yang jujur: timbang-bayar, tanpo angetan, tanpo potongan.

Perkebunan tembakau di Temanggung. (Facebook Kabupaten Temanggung)
Perkebunan tembakau di Temanggung. (Facebook Kabupaten Temanggung)

 

Sementara itu Perwakilan PT Gudang Garam siap membeli 10.000 ton tembakau petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada masa panen tembakau 2021. "Target pembelian kami 10.000 ton tembakau, mudah-mudahan nanti bisa lebih tergantung perusahaan, kalau perusahaan minta beli terus akan kami laksanakan," kata perwakilan pabrik rokok PT Gudang Garam Hartanto di Temanggung, seperti dilansir Antara Kamis 26 Agustus.

Menyinggung tentang harga tembakau, dia menyampaikan tergantung kualitas tembakau. Kalau kualitasnya bagus tentu akan dibeli dengan harga yang bagus. Ia menyampaikan harga tembakau pada awal panen ini sudah mencapai Rp62.500 per kilogram, namun belum banyak.

Hartanto berharap cuaca tetap cerah hingga akhir panen agar proses pengeringan tembakau bisa berjalan baik. "Kalau terkena sinar matahari maka kualitasnya menjadi baik dan harganya juga akan baik," katanya.

Bupati HM. Al Khadziq menyambangi Perwakilan Gudang Garam. (Antara)
Caption

 

 

Protokol Kesehatan

Bupati HM Al Khadziq mengatakan hasil pantauan di gudang pembelian tembakau bahwa dua pabrik rokok besar sudah melakukan pembelian tembakau dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Dia sangat menghargai perwakilan Gudang Garam dan juga Djarum yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam proses pembelian tembakau petani.

Ia menuturkan pada kunjungan tersebut pihaknya menyampaikan harapan para petani dan "bakul" (pedagang), pertama bahwa cuaca saat ini bagus dan kualitas tembakau semakin bagus.

"Saya menyampaikan permohonan masyarakat dan para pedagang agar seiiring dengan kualitas yang semakin bagus tersebut harganya saya mohon juga semakin bagus, semakin tinggi lagi," katanya.

 

Selain itu HM Al Khadziq juga meminta pihak pabrik menyerap semua tembakau petani yang diperkirakan hasil panen tembakau petani Temanggung tahun ini mencapai 14.000 ton.