Studi Ungkap Meminum Anggur Merah Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Ilustrasi anggur merah. (Unsplash/Kelsey Knight)

Bagikan:

JAKARTA - Siapa sangka, meminum anggur merah ternyata berdampak baik bagi kesehatan tubuh lho. Tapi, tentu bukan asal minum dan semaunya ya. Sebab, alih-alih memberi dampak baik bagi kesehatan, berlebihan meminum anggur tidak baik juga buat kesehatan tubuh kita.

Mengutip Independent 24 Agustus, studi terbaru mengungkap beberapa gelas anggur merah dalam seminggu, ternyata bisa membantu kita menghindari tekanan darah tinggi.

Para peneliti dari Queen's University di Belfast, Irlandia bekerja sama dengan Universitas Kiel Jerman, telah menemukan hubungan antara tekanan darah rendah dengan asupan makanan yang kaya akan flavonoid, termasuk buah beri, apel, teh, dan anggur merah.

Profesor Aedin Cassidy, ketua sekaligus profesor nutrisi dan kedokteran pencegahan di Institut Keamanan Pangan Global di Queen's, adalah peneliti utama dalam studi terhadap lebih dari 900 orang dewasa di Jerman, yang hasilnya telah dipublikasikan di 'Hypertension', jurnal American Heart Association.

Sementara penelitian yang meningkat menunjukkan, flavonoid dapat meningkatkan kesehatan jantung, tim peneliti mengatakan ini adalah pertama kalinya data menjelaskan hubungannya dengan penurunan tekanan darah.

Para peneliti mengatakan, penelitian tersebut berfokus pada peran yang dimainkan oleh mikroba dalam mikrobioma usus pada memetabolisme flavonoid, yang ditemukan dalam makanan dan minuman yang disebutkan di atas, yang kemudian bekerja untuk menurunkan tekanan darah.

"Mikrobioma usus kami memainkan peran kunci dalam memetabolisme flavonoid untuk meningkatkan efek kardioprotektifnya. Penelitian ini memberikan bukti yang menunjukkan, efek penurunan tekanan darah ini dapat dicapai dengan perubahan sederhana pada makanan sehari-hari,” kata Prof Cassidy dalam sebuah pernyataan dari Queen’s.

Seperti biasa, moderasi adalah kuncinya. Studi tersebut menemukan sekitar tiga gelas anggur merah per minggu adalah dosis yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan pada tekanan darah, sementara 80 gram buah beri sehari juga bermanfaat.