Sebotol Anggur Terkenal dari Prancis Ini Dibanderol Rp14,4 Miliar
Wine Chateau Petrus 2000. (Wikimedia Commons/Frederik Vandaele)

Bagikan:

JAKARTA - Anda termasuk pecinta anggur prancis dan ingin menjajal sensasi yang berbeda dari biasanya? Tidak ada salahnya untuk mencoba bersaing dalam lelang wine yang jumlahnya terbatas dan 'dimatangkan' di luar angkasa.

Ya, anggur yang dilelang merupakan anggur Chateau Petrus 2000, anggur merah eksklusif kelas dunia yang diproduksi dari anggur Merlot di wilayah penghasil anggur Pomerol di Bordeaux, Prancis.

Berada di orbit Bumi selama 14 bulan hingga benar-benar matang, di lingkungan yang unik, mendekati gravitasi nol di atas stasiun luar angkasa, anggur ini akan dilelang untuk penjualan pribadi oleh balai lelang Christie's, dengan taksiran harga 1 juta dolar Amerika Serikat atau 14,4 miliar

"Botol Petrus 2000 ini menandai langkah penting dalam mengejar pengembangan dan pemahaman yang lebih besar tentang pematangan anggur," terang Direktur Internasional, Departemen Anggur dan Minuman Beralkohol Christie's Tim Triptree dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters

Anggur yang akan dilelang ini bagian dari 12 botol anggur Petrus 2000 yang dikirim ke luar angkasa pada November 2019 lalu, sebagai bagian dari eksplorasi potensi pertanian antariksa dan kembali ke Bumi pada Januari lalu.

ilustrasi anggur
Ilustrasi wine. (Wikimedia Commons/Bjørn Erik Pedersen)

Sebotol anggur dibuka untuk uji rasa buta di Institute for Wine and Vine Research oleh sejumlah penikmat dan ahli anggur terkemuka, untuk membandingkannya dengan anggur sejenis yang ada di bumi. Termasuk Jane Anson, seorang penulis untuk majalah anggur Decanter, melaporkan perbedaan yang halus namun jelas di antara keduanya.

"Dari pengalaman sebelumnya tentang anggur ini, botol khusus ini tampaknya lebih berevolusi daripada yang saya harapkan dari botol Petrus 2000 yang berusia 21 tahun," kata Decanter mengutip Anson.

Nantinya, paket penjualan dalam lelang meliputi sebotol anggur jenis dan tahun pembuatan yang sama, botol decanter, gelas dan pembuka botol dari meteorit, dikemas dalam peti kayu buatan tangan. 

"Saya berharap mereka akan memutuskan untuk meminumnya, tapi mungkin tidak segera," tukas Tiptree seraya menambahkan, anggur luar tersebut masih bisa bertahan dua hingga tiga dekade mendatang.