Jokowi Lantik Sahbirin Noor dan Muhidin Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel
Presiden Joko Widodo melantik Sahbirin Noor dan Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel periode tahun 2021-2024 (Foto: tangkap layar YouTube Sekretarian Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Sahbirin Noor dan Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) periode tahun 2021-2024 di Istana Negara.

Pelantikan diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, pembacaan keputusan Presiden RI tentang pengesahan pengangkatann Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel masa jabatan 2021-2024 oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara.

Selanjutnya, Sahbirin Nooor dan Muhidin membacakan sumpah jabatan sebagai kepala daerah yang dipandu oleh Jokowi.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Sahbirin dan Muhidin, dilihat pada tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 25 Agustus.

Setelah pembacaan sumpah, Jokowi memberi ucapan selamat kepada Sahbirin Noor dan Muhidin, dilanjutkan dengan foto bersama.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01 H Sahbirin Noor dan H Muhidin (BirinMU) terpilih pada Pemilu Kepada Daerah (Pilkada) Kalsel tahun 2020.

Penetapan pasangan terpilih Pilkada Kalsel setelah Pemungutan Suara Ulang (PSU) hasil Ketetapan Mahkamah Konsitusi (MK) tersebut tertuang dalam rapat pleno yang digelar KPU Kalsel di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu.

"Secara sah hari ini kita tetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01, H Sahbirin Noor dan H Muhidin terpilih pada Pilkada Kalsel 2020," ujar Ketua KPU Kalsel Sarmuji usai acara rapat pleno tersebut.