Gubernur Kalsel Paman Birin Fokus Tangani COVID-19 dan Pulihkan Ekonomi
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BANJARMASIN - Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor (Paman Birin) dan Muhidin menegaskan pemerintahannya akan fokus menekan angka penularan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

Menurut Sahbirin, pihaknya akan langsung bekerja untuk memulihkan kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 yang hingga kini masih berlangsung.

"Kami bakal bahu membahu dan bersinergi bersama segenap Kepala SKPD serta para kepala daerah kabupaten/kota melanjutkan pembangunan Kalsel 2021 - 2024. Fokus utama kami mempercepat penanggulangan COVID-19 dan pemulihan ekonomi rakyat," kata Paman Birin dikutip Antara, Rabu, 25 Agustus. 

Sehingga, kata dia, dalam penyusunan program pembangunan ke depan, lebih mengutamakan sektor yang memiliki dampak langsung kepada masyarakat seperti sektor pertanian, perkebunan, infrastruktur, peningkatan UMKM dan lainnya.

Didampingi Wagub H Muhidin, Paman Birin mengatakan, hingga kini kasus penularan COVID-19 di Kalsel masih tinggi.

Selain penanggulangan COVID-19, target sasaran pembangunan lain adalah menjadikan Kalsel sebagai wilayah strategis dengan ditetapkannya ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

Sebagai gerbang ibu kota negara, Kalsel akan menerima dampak signifikan terhadap pembangunan berbagai sektor dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara misi Sahbirin-Muhidin adalah meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM), mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata dan memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian.

Selain itu, melaksanakan tata kelola pemerintahan yang fokus pelayanan publik serta memperkuat Ketahanan lingkungan dan bencana.

Sahbirin Noor-Muhidin juga merencanakan pembangunan kawasan-kawasan ekonomi baru mendukung IKN.

Meningkatkan konektivitas kawasan pertumbuhan perekonomian, pemenuhan sarana prasarana pendukung perekonomian, serta penyediaan sumber energi terbarukan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel terpilih Sahbihin Noor dan Muhidin.

Pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu, 25 Agustus siang berlangsung penuh khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.