Rumah Sakit di Korea Selatan Ini Miliki Layanan Tes COVID-19 Tanpa Sentuhan
Ilustrasi fasilitas tes COVID-19 di Korea Selatan. (Wikimedia Commons/Piotrus)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah rumah sakit Korea Selatan telah meningkatkan stan pengujian COVID-19, menjadi klinik nirsentuh bergerak yang dapat menguji orang dan memungkinkan telemedicine untuk perawatan dasar.

Hallym University Sacred Heart Hospital mengatakan telah mengembangkan klinik satu atap, untuk melindungi staf dan membebaskan mereka dari beban mengenakan alat pelindung seluruh tubuh, selama memberikan pelayanan.

Pasien memasuki ruangan yang tertutup secara otomatis, untuk mengurangi penyebaran patogen. Perawat menjangkau pasien melalui jendela yang dilengkapi dengan sarung tangan karet, sementara dokter dapat berbicara dari jarak jauh melalui sistem video.

covid-19
Ilustrasi COVID-19 di Korea Selatan. (Wikimedia Commons/Busan Metropolitan City)

Sebelumnya, pasien dengan gejala demam atau pernapasan harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan akses ke dokter.

"Sangat sulit bagi orang dengan gejala demam atau pernapasan untuk menerima perawatan profesional karena COVID, dan kami dapat menyelesaikan masalah seperti itu menggunakan obrolan video," ungkap direktur Pusat Medis Universitas Hallym Lee Me-yeon, seperti mengutip Reuters Jumat 20 Agustus.

"Sulit untuk melihat dan mendengar pasien dengan jelas dengan peralatan pelindung lengkap," lanjutnya mengenai repotnya petugas kesehatan jika harus selalu memakai alat pelindung diri lengkap.

covid-19
Evakuasi pasien COVID-19 di Korea Selatan. (Wikimedia Commons/Busan Metropolitan City)

Jumlah minimum perawat seperti Joung Eun-sol, diperlukan di lokasi untuk pengujian COVID-19 dasar atau pemeriksaan suhu. Dan mereka tidak perlu lagi mengenakan perlengkapan perlindungan Level D - sarung tangan, kacamata pengaman, pelindung wajah, dan tahan bahan kimia sepatu bot.

"Yang terburuk adalah menahan panas, tetapi juga sulit untuk berkomunikasi dengan pasien atau bernapas di Level D," ungkap Joung kepada Reuters pada hari Kamis, mengenakan seragam lengan pendek dan masker wajah.

"Sekarang saya bisa menggunakan kamar kecil dan bahkan makan. Saya tidak perlu berjalan-jalan sepanjang waktu, tetapi duduklah saat saya bekerja." tuturnya.

covid-19
Ilustrasi tenaga kesehatan saat COVID-19 di Korea Selatan. (Wikimedia Commons/Busan Metropolitan City)

Sementara, Direktur Hallym University Sacred Heart Hospital Yu Kyung-ho mengatakan, "Teknologi ini mungkin dapat berfungsi sebagai sistem perawatan medis yang sangat berguna di negara-negara di mana dokter dan sumber daya medis langka."

Untuk diketahui, mengutip situs resmi rumah sakit, klinik ini diberi nama 'Smart Testing Booth', dilengkapi dengan sistem tekanan negatif untuk melindungi infeksi virus dan sistem telemedicine untuk pengobatan dasar.

Sebelumnya, petugas medis harus menggunakan perlengkapan perlindungan Level D, untuk melakukan pemeriksaan dan tes COVID-19 di gerai-gerai tenda pop-up atau kontainer, fasilitas sementara yang terletak di luar rumah sakit